Balangan, (Antaranews Kalsel) - Sejumlah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang meliputi Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, akan melaksanakan Ujian Nasional (UN).


Berdasarkan POS UN 2016 atau POS UN tahun pelajaran 2015/2016, jadwal Ujian Nasional atau UN SMP / MTs tahun 2016 akan dimulai pada hari Senin tanggal 9 Mei 2016. 

Jadwal UN SMP / MTs tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa pada hari pertama Senin 9 Mei 2016 akan diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada hari berikutnya pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan IPA

Selain UN secara offline atau menggunakan soal UN Tulis dan LJK, seperti tahun sebelumnya pada tahun 2016 juga akan dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau online. 

UN Berbasis Komputer akan dilaksanakan di sekolah-sekolah yang diverifikasi dan dinyatakan kesiapannya oleh dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

Untuk Kabupaten Balangan sendiri, UNBK akan dilaksanakan di Sekolah Menengah Tingkat Pertama Negeri (SMP) 4 Paringin.

SMPN 4 Paringin menjadi satu-satunya pelaksana UNBK di Kabupaten Balangan, dimana sebelumnya pihak Provinsi Kalsel bersama Disdik Balangan melakukan pengamatan ke sekolah tersebut, dan akhirnya setelah di berikan kesempatan, pihak SMPN 4 Paringin bersedia dan menyanggupi untuk menjadi pelaksana UNBK 2016.

Rafiul Amal Kepala SMPN 4 Paringin mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan kesiapan dan percobaan terhadap fasilitas UNBK, agar pada pelaksanaan tidak terjadi kendala.

"Hingga saat ini kita terus melakukan persiapan, baik perangkat komputer, jaringan, jaringan listrik hingga persiapan yang tak terduga seperti sambaran petir, untuk itu kita juga sudah memasang penangkal petir di sekolah," ujarnya.

Satu hal yang menjadi landasan kuat SMPN 4 Paringin menjadi pelaksana UNBK lanjut Rafiul Amal, karena dengan UNBK tingkat kecurangan tidak akan terjadi, sistem ini sangat baik untuk anak didik.

"Biasanya setiap mendekati ujian selalu saja ada beredar SMS gelap yang mengatasnamakan kunci jawaban yang bahkan menyesatkan siswa ada kuci jawaban yang berbayar hingga jutaan rupiah, ini yang membuat sekolah risih, dengan UNBK semoga hal seperti itu tidak akan ada lagi," jelasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016