Tuan Guru Haji Zainuddin Rais menguraikan keutamaan kesehatan jasmani dalam konteks pengabdian kepada Allah Subhanahu Wataala.

"Kesehatan jasmani kebutuhan setiap orang dalam upaya menjaga dan meningkatkan pengabdian kepada Allah SWT," ujarnya dalam tausyiah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya, usai Shalat Subuh Sabtu.

"Karena seseorang yang tidak sehat jasmani kemungkinan sulit melakukan amal ibadah lebih banyak dan sempurna," lanjutnya di hadapan jamaah Shalat Subuh tersebut.

Oleh karena itu merugilah bagi seseorang yang sehat atau umur panjang kalau tidak hanya untuk mengabdi kepada Allah SWT, lanjut tuan guru yang mirip dengan uTuan Guru Haji Muhammad Zaini Abdul Ghani almarhum atau Guru Sakumpul Martapura Kalsel.

"Semestinya dengan umur panjang atau semakin usia harus meningkat pula amal ibadah, bukan sebaliknya," tambah Tuan Guru yang mengisi pengajian rutin di Masjid Assa'adah tiap usai Shalat Subuh Sabtu tersebut.
Tuan Guru Haji Zainuddin Rais saat tausiyah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, usai Shalat Subuh Sabtu, (28/1/23) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Dalam tausiyah Tuan Guru muda itu juga mengangkat masalah rupa atau wajah yang "bungas" (cantik) sebaiknya sesuai dengan hati yang bersangkutan.

Sebagaimana rupa Rasulullah Muhammad Saw yang bungas juga dengan hati baik sehingga menjadi kesayangan dan idola umatnya.

"Rupa juga merupakan nikmat Allah SWT yang harus kita syukuri. Syukur tersebut sudah barang tentu melakukan perintah Allah dan Rasul Nya," demikian Zainuddin Rais.

Usai tausyiah zikir bersama sekaligus mendoakan para Ambia, wali-wali Allah serta kaum muslimin dan muslimat yang sudah mendahului semoga mendapatkan kebahagiaan di alam akhirat.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023