Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (DEWA FTK) UIN Antasari Banjarmasin mengembangkan ekonomi kreatif melalui program "FTK Berdedikasi" di Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Ketua Pelaksana, M. Adil Fadhillah, di Patikalain, Sabtu, mengatakan  FTK Berdedikasi berkolaborasi dengan pimpinan FTK untuk memfasilitasi mahasiswa FTK, yang berkeinginan langsung terjun ke masyarakat sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: UIN Banjarmasin Kalsel tuan rumah konferensi internasional AIUA

"Kami yang mengharapkan kegiatan FTK Berdedikasi yang sudah jilid III dapat memberikan dampak kemanfaatan, baik untuk masyarakat maupun untuk kami teman-teman mahasiswa," katanya, dalam keterangan.

Selain mengembangkan ekonomi kreatif, mahasiswa UIN Antasari juga menggelar pemberdayaan manusia di Dusun Papagaran, dengan tujuan bisa menemukan perajin yang masih aktif dalam pengolahan simpai dan anyaman.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Hj Tarwilah, menuturkan DEMA FTK agar dapat mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik, serta mengindahkan program kerja unggulan yang telah dicanangkan.

Sementara, Dekan FKT, H Hamdan, mengingatkan agar "di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung", karena hal ini sangat penting untuk ditanamkan ketika sudah masuk ke kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Mahasiswa FTK UIN Antasari Banjarmasin gelar aksi penggalangan dana
Program FTK Berdedikasi di Desa Patikalain, Kecamatah Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (ANTARA/HO-DEMA FTK UIN Antasari Banjarmasin)

Walaupun dalam empat minggu terakhir telah dihabiskan Badan Pengurus Harian DEMA FTK serta Inti Pelaksana dalam kegiatan survei pada berbagai sektor.

Di hari kedua ini tetap dilangsungkan agenda eksplorasi wilayah pengabdian dengan berbagai tujuan, sesuai bidang yang ditentukan dengan berbagai program kerja yang berkaitan.

Pada kesempatan berikutnya, masing-masing bidang melanjutkan proses finalisasi kegiatan tentatif yang akan dilaksanakan untuk hari berikutnya.

Dan kemudian melangsungkan agenda selamat datang dengan ramah tamah bersama masyarakat Desa Patikalain yang di Masjid Ar-Rahim, dihadiri seluruh lini terkait termasuk aparat desa, pemuka agama, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Baca juga: UIN Antasari Banjarmasin wisuda 800 sarjana saat Dies Natalis ke-58
Silaturrahmi mahasiswa FTK UIN Antasari Banjarmasin bersama Wabup HST, H Mansyah Sabri. (ANTARA/HO-DEMA FTK UIN Antasari Banjarmasin)

Camat Hantakan, mengatakan berterima kasih atas kunjungan dan kegiatan untuk membangun Desa Patikalain, ke arah kemajuan dengan berbagai program yang luar biasa.

"Semoga manfaat juga kalian dapatkan dalam kegiatan ini, dan dampaknya bisa terus dirasakan oleh masyarakat kita,” katanya.

Sedangkan, Wakil Bupati HST, H. Mansyah Sabri, mengatakan menyambut hangat kegiatan semacam FTK Berdedikasi, juga siap berkolaborasi untuk membangun daerah, apabila memang ada program yang relevan untuk bisa dilaksanakan. 

Menurut dia, para mahasiswa jangan lelah untuk berjuang dalam menata kehidupan, dan selalu memberikan manfaat, dan serta pertemuan ini bukan menjadi pertemuan terakhir.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten HST selalu siap, dan terbuka untuk sama-sama bertukar pikiran demi kebaikan bersama,” katanya.

Baca juga: Psikolog bantu sosialisasi tekan angka kecelakaan lalu lintas
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023