Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mematangkan kesiapan Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-18 tahun 2023 yang rencananya digelar Oktober mendatang.

"Kami terus melakukan koordinasi untuk penggodokan panitia lokal agar kesiapan penyelenggaraan POMNAS lebih optimal," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, komunikasi dengan pemerintah daerah menjadi penting karena POMNAS sejatinya mewakili setiap provinsi bukan atas nama perguruan tinggi tempat atlet berasal.

Kemudian koordinasi dengan pemerintah pusat juga terus dilakukan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku panitia pusat POMNAS.

Selain sukses sebagai penyelenggara, ungkap 
Alim, Kalsel selaku tuan rumah juga berharap bisa meraih hasil maksimal dalam torehan prestasi di ajang bergengsi bagi para atlet yang berasal dari mahasiswa itu.

Apalagi pada POMNAS 2022 Sumatera Barat, Kalsel hanya mampu berara di peringkat 22 dari 34 provinsi dengan meraih satu medali perak dan tujuh perunggu.

"ULM sendiri berkomitmen dapat mengirimkan atlet terbaiknya untuk mengangkat prestasi Kalsel tahun ini," tegas dia.

Diketahui pada POMNAS ke-17 tahun lalu di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum memperoleh 49 emas, 33 perak, dan 33 perunggu.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023