Camat Kalumpang, Hulu Sungai Selatan (HSS), Wahyudi Noor menyampaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kalumpang didahului tahapan musyawarah untuk mendengarkan usulan dari beberapa desa.

Ia mengatakan, dari hasil musyawarah didapatkan untuk Kecamatan Kalumpang terdapat 68 usulan, yang terdiri atas 43 usulan bidang infrastruktur, 15 usulan bidang ekonomi, dan 10 usulan bidang sosial budaya.

"Yang kemudian kita sepakati menjadi 21 usulan prioritas, setelah dilakukan pra musrenbang," katanya, saat menyampaikan laporan musrenbang tingkat kecamatan, di aula kantor kecamatan setempat, Rabu (11/1).

Baca juga: Kepengurusan PWRI HSS 2022-2027 dilantik

Dijelaskan dia, pihaknya berharap apa yang diusulkan dapat menjadi bahan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024 oleh pemerintah daerah, dan dapat diakomodir oleh SKPD terkait sesuai ketentuan dan kemampuan anggaran yang ada.

Ia mengucapkan terima kasih juga atas pembangunan yang selama ini dilakukan di Kecamatan Kalumpang, yang berdampak besar terhadap masyarakat, baik itu pembangunan yang nampak oleh mata ataupun tidak.

Sebagaimana di Kecamatan Simpur sebelumnya, Musrembang di Kecamatan Kalumpang kali ini juga dibuka Bupati HSS, H Achmad Fikry.

Baca juga: Bupati HSS resmikan lumbung pangan masyarakat Wasah Tengah

"Kita ingin agar musrenbang bisa lebih berfokus kepada kesejahteraan masyarakat, yang ada di Kecamatan Kalumpang," katanya.

Ditambahkan dia, fokus tersebut untuk bisa mengatasi kemiskinan yang ada di masyarakat, dengan mengentaskan kemiskinan masyarakatnya dulu, baru nanti bicara terkait infrastrukturnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023