Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry  meresmikan lumbung pangan masyarakat dan sarana pendukungnya, di Desa Wasah Tengah, Kecamatan Simpur.

Ia mengatakan, kehadiran lumbung pangan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat terutama terhadap para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Papadaan.

Baca juga: Pasar murah HSS untuk tangani dampak inflasi

"Saya berpesan agar fasilitas di lumbung pangan yang baru diresmikan ini agar bisa dimanfaatkan, dipelihara serta dirawat dengan sebaik-baiknya," katanya, dalam keterangan, Selasa (10/1).

Dijelaskan dia, untuk biaya operasional pihaknya meminta agar bisa disepakati secara bersama-sama, sehingga ada untuk biaya pemeliharaan dan perawatannya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS, H. Akhmad Mawardi, mengatakan pembangunan lumbung pangan ini untuk sarana prasarana pascapanen, menjaga harga gabah yang layak guna mengantisipasi anjloknya harga jual.

Baca juga: Petani gagal panen di HSS terima bantuan beras

"Lumbung pangan masyarakat ini dilengkapi lantai jemur, gedung pengering dan penggilingan serta gudang penyimpanan," katanya.

Ditambahkan dia, pembangunan lumbung pangan masyarakat ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), bidang pertanian tahun anggaran 2022.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023