Wakil Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi mengapresiasi atas pengelolaan Pantai Teluk Tamiang Kotabaru - yang berada paling timur provinsi tersebut.

Apresiasi wakil rakyat yang akrab dengan sapaan Paman Yani itu sesudah mengunjungi Pantai Teluk Tamiang (sekitar 350 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Tanjung Selayar, sebagaimana informasi yang Antara Kalsel terima melalui telepon seluler, Senin.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu memperlihatkan, Pantai Teluk Tamiang mampu menarik minat wisatawan luar daerah.

Pasalnya bukan cuma menyuguhkan keindahan bentangan pasir putih, melainkan pula sudah bisa melakukan "snorkeling" (menyelam) untuk menyaksikan terumbu karang yang indah.

Menurut dia, keberadaan Pantai Teluk Tamiang bukan cuma menambah daftar objek wisata Kalsel, tetapi bisa pula memberikan nilai tambah selain sebagai hiburan keluarga, juga sebagai wahana perekonomian bagi masyarakat, terutama warga setempat.

“Saya tentu sangat mengapresiasi sekali, apabila kita ke Pantai Teluk Tamiang, tentu akan melihat keindahan yang luar biasa, apalagi terumbu karangnya yang alami bahkan lautnya yang bersih. Pemerintah daerah patut mengapresiasi," ujarnya kepada awak media.

Pariwisata, menurut Paman Yani, juga ikut berkontribusi terhadap penekanan lajunya inflasi. "Apalagi saat ini diketahui Pantai Teluk Tamiang Tanjung Selayar mulai digemari sejumlah anak muda di Kalsel, sehingga pengembangan di sektor tersebut mampu dikelola dengan baik,' lanjutnya.

“Dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat bahwa sudah bisa menyelam. Jelas itu akan memberikan nilai baik bust memacu wisatawan lain untuk datang, serta perekonomian  di Teluk Tamiang dapat menggeliat secara baik dan positif,” tambahnya.

Ia menyatakan bangga dengan capaian masyarakat Desa Teluk Tamiang Kotabaru yang mulai beradaptasi dan memanfaatkan keindahan pantai, terumbu karang serta perbukitan sebagai sarana kreatif perekonomian tetap mereka.

“Jelas, nilai ekonomi menurut saya sudah terlihat. Tak hanya keindahannya saja di suguhkan, tetapi sudah resort atau penginapan tentu geliat ekonomi masyarakat di sini berjalan,” ucap Paman Yani
Suasana objek wisata Pantai Teluk Tamiang Kotabaru -kabupaten paling timur Kalsel, baru-baru ini. (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Tamiang, Hendra, menuturkan, selain memiliki sejumlah fasilitas lengkap baik berupa hibah dari pemerintah daerah dan dana desa, juga Pemerintah Desa (Pemdes) setempat akan melakukan penghijauan agar keindahan pantai tidak mudah terkikis.

“Tentu peningkatan ini akan kami terus lakukan, terutama dengan banyaknya kunjungan dari wisatawan daerah mampu meningkatkan ekonomi kami Desa Teluk Tamiang,” ucapnya.

Apalagi, menurut dia, setelah diaktifkan kembali pariwisata, perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui binaan Pemerintahan Desa Teluk Tamiang, mulai menggeliat secara positif, bahkan, sudah ke arah yang membaik.

“Namun, kami berharap pula agar infrastruktur jalan juga dapat menjadi perhatian supaya pariwisata disini bisa berkembang lagi,” ujar Hendra.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022