Ratusan atlet dari kontingen Kabupaten Tapin diterjunkan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan ke XI di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, mereka ditargetkan bisa mengangkat nama daerah masuk lima besar untuk perolehan medali.

"Hampir 400 atlet kita terjunkan. Kita targetkan Tapin bisa masuk lima besar atau lebih tinggi lagi," ujar Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat melepas atlet di Rantau, Sabtu.

Bupati optimistis para atlet bisa mencapai target ini, kata dia, karena pada Porprov Kalsel sebelumnya di Kabupaten Tabalong mereka berhasil mengangkat nama Tapin ke urutan lima besar.

"Dengan 50 medali emas kita bisa masuk ke tiga besar," ujarnya. 

Pada pesta multi cabang olahraga empat tahunan skala regional antarkabupaten/kota ini, Tapin mengikuti 30 cabang olahraga (cabor) dari 41 yang dipertandingkan.  

Ketua KONI Tapin Juanda mengatakan minimal dengan 40 medali emas sudah bisa membawa nama daerah mereka ke urutan lima besar itu.

"Saat ini kita sudah mendulang medali ; emas tiga, perak lima dan satu perunggu dari cabor senam yang bertanding lebih dulu," ujarnya.

Adapun bonus yang dijanjikan, kata dia, akan lebih besar dari sebelumnya, misalnya ; pada waktu lalu untuk atlet perorangan yang mendapatkan emas diberi hadiah Rp15 juta. 

"Bonus bervariatif, untuk perorangan, regu ataupun tim," ujarnya.

Kontingen dari Tapin ini, jelasnya, sebanyak 758 orang terdiri dari ; panitia penyelenggara, official, pelatih dan atlet. 

Saat ini, kata dia, ada sembilan cabor yang bertanding lebih dulu, diantaranya : senam, bulu tangkis, sepak bola, karate, takraw, tenis meja, teknis lapangan, panahan dan voli.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022