Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan melaksanakan lomba sekolah sehat berbasis stratifikasi tingkat provinsi Kalimantan Selatan,

Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Minggu Basuki, Sabtu  melaui siaran pers mengatakan, dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, kesehatan anak usia sekolah menjadi salah satu sasaran upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Melalui program usaha kesehatan sekolah (UKS) merupakan salah satu upaya untuk membentuk perilaku anak hidup bersih dan sehat.

Tujuan umum UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup sehat serta derajat kesehatan peserta didik.

Menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia indonesia seutuhnya.

Selain itu untuk memupuk derajat kesehatan peserta didik yang di dalamnya mencakup memiliki pengetahuan sikap keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat.

Baik dalam sehat fisik arti fisik, sehat mental maupun sosial dan memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk narkoba, obat-obatan dan bahan berbahaya, minuman keras, rokok.

Sebagaimana sasaran program kegiatan UKS adalah peserta didik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan tingkat pendidikan menengah (TK, SD, SMP/ Sederajat dan SMA/Sederajat).

Tim Penilai atau Juri Badul Bastih mengatakan setelah apa yang didengar dan dilihat tim pembina UKS UKM Kabupaten Kotabaru menyampaikan profilnya pada saat zoom meating.

"Kami akan melihat sejauh mana nanti sudah di sampaikan kepada tim juri tentang profil MAN Kotabaru dan TK di bawah pimpinan ketua Persit Chandra Kirana Kotabaru," ujarnya.

Mulai tahun ini tidak ada lagi juara 1,2,3 dan seterusnya untuk madrasah dan sekolah sehat stratifikasi. 

Stratifikasinya dari dasar, standar, optimal dan paripurna. 
 

Pewarta: aqsin/hms

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022