Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menyambut kedatangan qari dan qariah asal HSS, yang telah berprestasi di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 dengan untaian bunga melati sekaligus syukuran.

"Kami merasa bersyukur dan bangga akan prestasi yang telah dicapai para qari dan qariah kita," kata bupati, dalam penyambutan kafilah HSS di pendopo bupati, Rabu (19/10).

Ini prestasi yang sangat membanggakan di ajang nasional, karena dari total 62 poin yang membawa Kalsel sebagai Juara Umum III, 11 diantaranya disumbangkan oleh HSS.

Hal ini menunjukkan HSS termasuk kabupaten yang turut andil meningkatkan prestasi Kafilah Kalsel, sehingga meningkat pula peringkatnya dari yang semula berada di urutan ke-21 pada MTQ sebelumnya, kini menduduki peringkat ke-3.

Baca juga: HSS gelar maulid di Wasah Hilir

Ia juga menambahkan bahwa prestasi ini harus dipertahankan, sehingga ke depan diharapkan agar LPTQ HSS dan Ipqah HSS sudah sedari sekarang menyiapkan format, mempersiapkan kader-kader penerus para qari-qariah yang berprestasi ini.

"Dengan demikian prestasi ini terus bisa menjadi milik HSS, di masa mendatang," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih dan mentor yang telah menggembleng para utusan HSS ini, sehingga bisa mencapai prestasi seperti sekarang.

Saat ditanya tentang kemungkinan reward atau bonus bagi para qari-qari'ah ini, sambil tersenyum ia memastikan bahwa sudah sedari dulu Pemkab HSS memang selalu memberikan penghargaan kepada setiap warganya.

"Kita sedari dulu memang memberikan apresiasi  bagi warga yang telah mengharumkan nama daerah, namun mengenai bentuk dan besarannya akan diinformasikan kemudian," katanya.

Kepulangan para qari-qari'ah HSS ternyata didampingi salah seorang qari senior asal HSS yang kini telah menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, H. Syarifuddin, yang kebetulan menyempatkan diri untuk ikut ke Kandangan, sebelum pulang ke Jakarta.

Baca juga: Wabup HSS hadiri milad ke-3 FKRMT

Adapun dari lima orang utusan HSS yang dikirimkan untuk mendukung Kafilah Kalsel, empat di antaranya sukses meraih prestasi membanggakan.

Mereka antaralain, Kamaruddin sebagai Juara I Cabang Qira'at Mujaawad Dewasa Putera, Zainul Hifzi sebagai Juara I Cabang Tafsir Al-Qur;an Bahasa Indonesia Putera.

Kemudian, Musti'ana Aisyi sebagai Juara III Cabang Qira'at Muratthal Remaja Puteri dan Karimatun Nupus sebagai Juara Harapan I Cabang Fahmil Qur'an Puteri.

Hanya Muhammad Saifullah yang turun dalam Cabang Hifzil Qur'an Golongan 30 Juz Putera, yang belum berhasil masuk nominasi.

Turut hadir dalam penyambutan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah, HM Noor, Kepala Kementerian Agama HSS, HM Yamani, para kepala OPD, ketua dan para Pengurus Ipqah HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022