PT PLN  (Persero ) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) memperkuat keandalan kelistrikan menyambut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat nasional.
 
Kesiapan menyongsong event MTQ nasional tahun 2022 itu ditandai apel persiapan personel di lapangan Kantor Induk PLN UIW Kalselteng di Kota Banjarbaru, Rabu diikuti peserta dari berbagai unsur PLN setempat.
 
Apel kesiapsiagaan PLN dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalsel Subhan Nor Yaumil diikuti pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Petugas Pelayanan Teknik, dan Pegawai PLN UIW Kalselteng.
 
"Kami mengapresiasi gerak cepat PLN menyukseskan kegiatan MTQ nasional yang akan diselenggarakan sejak tanggal 10 hingga 19 Oktober 2022," ujar Subhan yang mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.
 
Menurut Subhan, mewakili seluruh masyarakat Kalsel, pihaknya sangat mengapresiasi gerak cepat pasukan elit PLN yang terlatih melakukan upaya pemeliharaan, dan perbaikan jaringan listrik.
 
Pemeliharaan dan perbaikan yang dilakukan tanpa memadamkan aliran listrik sehingga masyarakat tetap bisa melaksanakan aktivitas harian secara optimal, karena suplai listrik tidak terganggu.
 
"PLN terus berupaya dan bergerak cepat untuk memberikan pelayanan kelistrikan terbaik khususnya dalam menyukseskan MTQ yang setelah 50 tahun terselenggara lagi di Provinsi Kalimantan Selatan," ucap Subhan.
 
Ditekankan, kesiapsiagaan membuat suplai keandalan listrik khususnya untuk perhelatan MTQ andal dan bekerja dengan baik dan pasukan elit PDKB PLN bekerja maksimal guna mendukung suksesnya event itu.
 
"Kesuksesan MTQ membutuhkan energi listrik cukup besar tidak hanya acara tetapi masyarakat yang ingin menyaksikan seluruh rangkaian melalui berbagai platform media elektronik baik televisi maupun daring. Untuk itu, perlu keandalan listrik agar event berjalan sukses dan lancar," harapnya.
 
Diketahui, rencananya pembukaan MTQ Nasional XXIX dilakukan oleh Presiden RI H Joko Widodo yang pelaksanaannya dipusatkan di Objek Wisata Alam Kiram Park di wilayah Kabupaten Banjar.
 
Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, dan Masjid Nurul Iman Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.
 
Selanjutnya, di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat di Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.
 
General Manager PLN UIW Kalselteng Abdul Rohim menyebut keseriusan PLN dalam mengawal kesuksesan dan kelancaran MTQ sehingga siap siaga memastikan event nasional berjalan lancar.
 
"Keseriusan kami bisa dilihat dari kesiagaan personel dan infrastruktur kelistrikan selama penyelenggaraan MTQ menurunkan 108 personel siaga 24 jam mengamankan jalur distribusi suplai listrik," ujarnya. 
 
Selain itu, penguatan di sisi distribusi meliputi penyempurnaan konstruksi pasokan suplai energi listrik hingga merapikan jaringan listrik pada jalur- jalur di sekitar tempat acara serta peremajaan peralatan pendukung.
 
Selanjutnya, PLN menyiapkan 5 unit armada Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), 6 Unit Gardu Bergerak (UGB), 4 unit UPS, 20 unit genset mobile, satu buah mobil crane, serta 20 unit mobil dan motor Operasional Pelayanan Teknik (Yantek).
 
"Sistem kelistrikan PLN UIW Kalselteng sangat prima bahkan saat ini surplus daya mampu Sistem Barito-Mahakam mencapai 426 MW. Melalui kondisi ini, PLN memastikan pasokan listrik andal dan berkualitas untuk mendukung event," katanya.
 
Ditambahkan, PLN bersama Pemda dan stakeholder siap berkolaborasi, bersinergi, dan bekerja menjaga keandalan suplai listrik sehingga dapat memberikan rasa aman selama rangkaian kegiatan berjalan.
 
Harapannya semakin berdampak positif terhadap kualitas layanan kelistrikan. Terlebih lagi, Kalsel merupakan gerbang ibukota baru negara, maka kebutuhan kelistrikan dan konsumsi listrik akan meningkat seiring gerak roda pembangunan.
 
 

 
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022