Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS), H Achmad Fikry menghadiri peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN), di SDN Kandangan Kota 4, Kecamatan Kandangan.

Peringatan mengambil tema "Pulih Bersama, dengan Senyum Sehat Indonesia", di mana Kabupaten HSS berpartisipasi dengan melakukan kegiatan Sikat Gigi Bersama Anak SD secara serentak bersama Menteri Kesehatan RI, dengan jumlah peserta sebanyak 102 anak di SDN Kandangan Kota 4.

Baca juga: 800 nakes terima booster kedua dari Pemkab HSS, BINDA

"Kegiatan hari ini adalah untuk memastikan bahwa sejak dini anak sudah terbiasa menyikat gigi dengan baik dan benar," kata bupati, dalam keterangan, Senin (12/9).'

Dijelaskan dia, edukasi tidak sekadar hari ini, pihaknya akan mengedukasi di sekolah-sekolah. Selain itu, peran orang tua juga sangat penting, untuk mengajarkan anak-anaknya terbiasa menyikat gigi.

Ia juga berharap program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di masing-masing sekolah bisa menjadi media, untuk mengajarkan anak berpola hidup sehat, termasuk perawatan gigi.

Baca juga: Bupati buka re-sertifikasi RSUD syariah Kandangan

Peringatan diawali dengan penyerahan piagam penghargaan dari dokter gigi kepada kepala sekolah, kemudian bupati menyerahkan secara simbolis peralatan untuk menyikat gigi kepada beberapa siswa.

Sebelum pelaksanaan sikat gigi bersama, para siswa SD diberikan penyuluhan dan edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh dokter gigi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022