Booster tahap kedua bagi nakes dilakukan Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerja sama Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Selatan (BINDA Kalsel)  untuk tenaga kesehatan (nakes) dengan total sasarannya sekitar 800 orang lebih.

Vaksinasi keempat bagi nakes di Kabupaten HSS dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry, Kandangan.

"Untuk membantu percepatan vaksinasi booster kedua bagi nakes di Kabupaten HSS, kami menyediakan vaksin jenis Pfizer sebanyak dua ribu dosis," kata Koordinator Wilayah (Korwil) HSS BINDA Kalsel, Hartono, Rabu(31/8) kemarin.

Dijelaskan dia,  apabila nanti membutuhkan vaksinasi lagi akan dibantu, BINDA Kalsel terus melaksanakan vaksinasi bekerja sama dengan instansi terkait.
 
Vaksinasi booster kedua untuk nakes kerjasama BINDA Kalsel dan Pemkab HSS. (Antara/Fathur)


Baca juga: BIN Kalsel sasar warga binaan Rutan Kandangan untuk pemerataan vaksinasi

Vaksinasi yang disediakan BINDA baik untuk vaksin dosis pertama, kedua, ketiga atau booster sampai booster kedua bagi nakes, serta ditargetkan di akhir 2022 bisa mencapai 921.500 dosis.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengatakan sangat terbantu dengan vaksinasi booster kedua bagi nakes yang dilakukan BINDA Kalsel di wilayah Kabupaten HSS.

Apalagi, diakuinya, Pemkab HSS masih terkendala pasokan vaksin, untuk melakukan percepatan vaksinasi booster kedua bagi nakes.

 “Kami berharap dukungan BIN terus dilanjutkan, agar percepatan vaksinasi booster kedua bagi nakes dapat cepat dituntaskan,” katanya.

Pemkab HSS juga terus melakukan vaksinasi booster bagi warga di semua layanan kesehatan yang tersebar di Kabupaten HSS, maka bagi warga yang ingin melakukan vaksinasi bisa langsung datang ke RS atau puskesmas di masing-masing wilayah.

Supaya warga semakin banyak melakukan vaksinasi booster, Pemkab HSS terus pula memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi sebagai daya tahan individual.

“Apalagi sekarang kalau mau bepergian ke luar daerah wajib sudah booster, nanti juga akan dilakukan jemput bola vaksinasi,” katanya.
 
Vaksinasi booster kedua untuk nakes kerjasama BINDA Kalsel dan Pemkab HSS. (Antara/Fathur)

Baca juga: Vaksinasi kerjasama BIN, Pemkab dan Kemenag HSS cegah varian baru COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) HSS, Siti Zainab mengatakan berdasarkan data ada sebanyak 2.216 nakes nantinya akan diberikan vaksinasi booster tahap kedua. Yang sudah bisa terinput melakukan vaksinasi booster tahap kedua sebanyak 78 orang.

Dan jika vaksinnya tersedia, sekitar lima hari ke depan sudah selesai booster kedua bagi nakes ini. Diperkirakan pertengahan bulan September 2022 nanti sudah semua nakes selesai dilakukan booster tahap kedua.

"Pemberian booster kedua bagi nakes nanti dilakukan di fasilitas kesehatan masing-masing secara bergantian, ini kita lakukan supaya tidak mengganggu pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” katanya.

Dari data Dinkes Kabupaten HSS, per 30 Agustus dari target sasaran sebanyak 203.107 orang dilakukan vaksinasi. Dosis pertama sudah 172.938 atau 85,15 persen, dosis kedua 138.836 atau 68,36 persen dan dosis ketiga atau booster 42.482 atau 27,06 persen.

Memastikan vaksinasi booster kedua nakes yang dilakukan di RSUD berjalan dengan aman dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan, bupati bersama korwinHSS Binda Kalsel langsung meninjau prosesnya.

Baca juga: Vaksinasi hingga malam hari di HSS, upaya mendekatkan layanan pada masyarakat
 
Vaksinasi booster kedua untuk nakes kerjasama BINDA Kalsel dan Pemkab HSS. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022