Bupati Banjar Saidi Mansyur ikut terjun langsung ke lapangan untuk membersihkan lingkungan dalam aksi kebersihan yang diberi nama "Jumat bersih" sebagai program yang dilaksanakan setiap pekan.
 
Seperti yang terlihat pada Jumat (9/9), bupati bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah terjun langsung membersihkan lingkungan kantor, seperti Mapolres Banjar dan lingkungan PN Martapura.
 
Terlihat Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom, Kepala Kejari Banjar M Bardan dan Kepala PN Martapura membersihkan area kantor Kodim dan sekitarnya.
 
"Aksi bersih-bersih di Jumat bersih ini bertujuan menumbuhkan rasa tanggung jawab kita semua betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi mewujudkan rasa nyaman dan tenang," ujar bupati.
 
Ditekankan bupati, lingkungan yang bersih dan nyaman berdampak pada kesehatan lingkungan, sehingga diharapkan area kantor dan tempat kerja lainnya dijaga kebersihannya agar terasa nyaman dan tenang.
 
Di sisi lain, kebersihan lingkungan juga menumbuhkan rasa memiliki dan peduli lingkungan sekaligus jadi cermin bagi seluruh masyarakat agar selalu merawat dan memelihara kebersihan sekitarnya.
 
"Apalagi Kabupaten Banjar menjadi salah satu daerah yang ditunjuk tuan rumah MTQ Nasional sehingga kita semua harus bisa membuktikan kebersihan lingkungan yang menjadi ciri khas daerah," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Banjar siapkan rencana percepatan penurunan stunting
 
Dandim 1006/Banjar Letkol Imam Muchtarom mengatakan, kegiatan Jumat Bersih merupakan inisiasi Forkopimda Banjar dan mendapat persetujuan Bupati Banjar sehingga akan dijadikan agenda rutin.
 
"Melalui aksi kebersihan lingkungan yang akan direncanakan rutin digelar kita bisa memberi contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga, merawat dan memelihara lingkungan," kata Dandim.
 
Aksi Jumat bersih diawali apel yang diikuti personel TNI, Polri, Satpol PP Banjar, pegawai Pengadilan Negeri Martapura dan Kejaksaan Negeri dengan lokasi aksi kebersihan kantor dan lingkungan sekitarnya.
 
Baca juga: Bupati Saidi terima sertifikat hak pakai aset Pemkab Banjar
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022