Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menggelar pembinaan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Balangan.

Kegiatan tersebut digelar di aula Inspektorat Balangan dan diikuti oleh sekitar 50 peserta yang merupakan pengelola perpustakaan yang ada di Kabupaten Balangan.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel Wildan Akhyar di Paringin, Kamis, mengatakan pembinaan perpustakaan ini dilakukan untuk mensosialisasikan ataupun mengedukasi bagaimana pengelolaan perpustakaan yang berstandar nasional.

“Baik itu perpustakaan milik instansi pemerintah, sekolah ataupun swasta yang ada di Kabupaten Balangan bisa dikelola dengan baik dan berstandar nasional,” kata Wildan.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, Tamrin menyampaikan pihaknya berharap pembinaan perpustakaan ini bisa mendorong peningkatan standar pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Balangan.

“Dengan target yaitu perpustakaan di Balangan seluruhnya bisa mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional,” harap dia.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut disampaikan ada enam komponen menuju akreditasi perpustakaan yaitu koleksi buku, Sarpras, pelayanan perpustakaan, SDM tenaga perpustakaan dan kompetensi atau pustakawan, penyelenggaraan perpustakaan struktur organisasi dan penguat atau inovasi di perpustakaan itu sendiri

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022