Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry bersama Sekretaris Daerah HSS, H. Muhammad Noor dan Kapolres HSS, AKBP Sugeng Priyanto melakukan peninjauan harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Kandangan.

Ia mengatakan, meskipun terdapat beberapa kenaikan pada tiga jenis bahan pokok seperti cabe, beras dan telor yang ada di pasaran, akan tetapi stok masih tersedia.

“Ada tiga bahan pokok di pasaran terjadi sedikit kenaikan, seperti beras dan telor, akan tetapi harga beras masih bervariasi dari rentang harga Rp9 ribu hingga Rp5 ribu," kata bupati, Rabu (31/8) kemarin.

Baca juga: Harga bahan pokok HSS terpantau aman jelang Idul Adha

Dijelaskan dia, terkait kenaikan beras dan telor di pasar tradisional Kandangan, dikarenakan harga transportasi dan pakan sebagai salah satu pemicu kenaikan.

Kenaikan beras terkait dengan transportasi dan bahan bakar yang sedikit sulit, sementara telor ayam ras dipengaruhi oleh naiknya harga pakan, sehingga terjadinya kenaikan pada harga telor dan daging ayam ras.

"Alhamdulillah meskipun terjadi sedikit kenaikan, akan tetapi untuk stok barang yang tersedia di daerah kita masih aman, dan harga lainnya masih relatif stabil tidak terpengaruh," katanya.

Baca juga: Harga bawang merah dan cabe merah terpantau naik di HSS

Menurut dia, apabila nanti setelah beberapa hari ini terjadi inflasi pada beberapa bahan pokok di pasar, maka pihaknya akan memberikan solusi untuk menekan inflasi dengan mengadakan operasi pasar.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, Sudiyono menambahkan walaupun terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kandangan, namun ini masih bisa dikatakan stabil.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022