Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry meninjau pelaksanaan bakti sosial operasi katarak dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke-72 dan HUT RI ke-77, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Hasan Basry, Kandangan.

Bakti sosial ini terlaksana atas kerjasama dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel, Dinkes HSS, Persatuan Dokter Ahli Mata (Perdami) Cabang HSS, dan RSUD H. Hasan Basry Kandangan.

"Atas nama pemerintah daerah juga mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Perdami, atas terlaksananya kegiatan mulia ini, di mana hari ini sebanyak 40 orang pasien katarak yang akan melakukan operasi," kata bupati, Kamis (11/8).

Diijelaskan dia, pihaknya akan terus memantau perkembangan para pasien, termasuk masih adanya daftar tunggu yang masih menunggu giliran untuk melakukan operasi katarak tersebut.

Baca juga: Puskesmas Negara latih peningkatan kapasitas karyawan

Kepada masyarakat yang mungkin ada keluhan terhadap penglihatan atau semacamnya juga diimbau, untuk sesegera mungkin berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di Puskesmas terdekat maupun datang langsung ke RS untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Saat ini masyarakat HSS mempunyai jaminan kesehatan dari pemerintah yang bernama program BPJS Semesta, yang menjadi program Pemkab HSS diperuntukkan untuk melindungi kesehatan masyarakat HSS.

"Kepada Dinkes Kalsel juga kami ucapkan terimakasih, termasuk rekan-rekan dokter dari berbagai daerah yang berkumpul hari ini. Mudah-mudahan operasi ini berjalan dengan lancar, dan masyarakat yang dioperasi mendapatkan penglihatan yang lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: RSUD Kandangan ditetapkan jadi RS Pendidikan

Dalam kegiatan ini Bupati HSS menghampiri para pasien, ia menyempatkan diri berbincang sembari menghaturkan doa penyakit para pasien yang sedang diderita dapat segera sembuh dan operasi katarak hari ini dapat berjalan dengan lancar.

Didampingi Kepala Dinkes KesehatanHSS, Hj. Siti Zainab, bupati juga berkesempatan untuk melihat secara langsung situasi ruang operasi dengan menggunakan Seragam Scrub atau yang dikenal sebagai seragam ruang operasi.

Ia mengapresiasi kinerja para petugas kesehatan RSUD H. Hasan Basry Kandangan, yang telah memfasilitasi kegiatan ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022