Puskesmas Negara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas karyawan dan karyawati dalam membangun tim di Bumi Perkemahan Gunung Kantawan, Tanuhi, Kecamatan Loksado.

Kepala Puskesmas Negara, Fadlan Ramadhan, Rabu (10/8), mengatakan membangun tim bukanlah sebuah hal yang instan, tetapi merupakan proses yang sifatnya berkelanjutan.

"Sebab itu kami merasa sangat perlu arahan dari pimpinan daerah, dalam hal ini Bupati HSS," katanya, dalam laporan panitia.

Dijelaskan dia, hadirnya pimpinan daerah dapat memberikan motivasi bagi pihaknya, dan pelatihan diselenggarakan dengan harapan ke depannya mereka mampu menjalankan tugas mengabdi kepada masyarakat, serta mampu memberikan pelayanan yang memuaskan.

Baca juga: RSUD Kandangan ditetapkan jadi RS Pendidikan

Bupati H. Achmad Fikry mengapresiasi inisiasi Puskesmas Negara, yang telah menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas karyawan dan karyawatinya.

Menurut dia, ini merupakan gagasan yang luar biasa dalam upaya meningkatkan kapasitas karyawan dan karyawati serta pelayanan yang ada di Puskesmas Negara.

Dari seluruh puskesmas yang ada di HSS, baru Puskesmas Negara yang menyelenggarakannya. Pemilihan Bumi Perkemahan Gunung Kantawan juga dapat menyegarkan suasana bagi karyawan dan karyawati Puskesmas Negara.

Lebih lanjut, ia menuturkan tentang kerjasama yang baik antar karyawan dan karyawati dapat mempengaruhi kualitas pelayanan di Puskesmas Negara.

Baca juga: Konvergensi stunting Daha Selatan upaya penguatan lintas sektor

"Apalagi puskesmas bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,  maka penting karyawan dan karyawati berupaya menyatukan kekuatan dan pikiran, agar mampu memberikan kepuasan dalam pelayanan," katanya.

Untuk bidang pembangunan fisik dan penanganan stunting Puskesmas Negara sudah baik, namun akan lebih baik lagi jika pembangunan fisik, serta bidang lainnya dibarengi dengan pengembangan sumber daya manusia yang jauh lebih baik lagi.

Ia mengharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini para karyawan dan karyawati Puskesmas Negara bisa menemukan gagasan-gagasan baru, dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

"Puskesmas ini merupakan ujung tombak pemerintah di lapangan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, tentu saya ingin dalam pelatihan ini mampu menjadi perbaikan serta bisa menambah kualitas pelayanan," katanya.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022