Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengharapkan program Rukun Tetangga (RT) Mandiri meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di lingkungan masyarakat setempat.
 
"Kami berharap program RT Mandiri mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai visi dan misi kami bersama wali kota mewujudkan Kota Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera," ujarnya, Kamis.
 
Sebelumnya, Wartono menyerahkan secara simbolis dana bantuan RT Mandiri tahun 2022 kepada 4 kelurahan yang berada di Kecamatan Banjarbaru Selatan di aula kecamatan setempat dihadiri camat dan lurah.
 
Ia meminta kegiatan yang masuk dalam program RT Mandiri harus benar-benar dilaksanakan transparan, juga terbuka, dan secara administrasi dijalankan sesuai dengan aturan dan sasaran yang ingin dicapai.
 
"Sesuai tujuannya menyejahterakan masyarakat, kami berharap kegiatan yang dilaksanakan sesuai potensi kelurahan, sehingga hasilnya dinikmati masyarakat," ucap mantan anggota DPRD Kota Banjarbaru itu.
 
Ditekankan, pelaksanaan program yang merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemkot Banjarbaru itu dikelola dengan baik oleh kelompok masyarakat sehingga dana yang terserap bisa maksimal.
 
"Harapan kami pula, dana bansos yang diserahkan kepada kelompok masyarakat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, termasuk bagi pengembangan UMKM agar lebih maju dan berkembang," kata dia.
 
Camat Banjarbaru Selatan Taufik Purwanto mengatakan, sesuai Perwali Banjarbaru Nomor 77 Tahun 2021 tentang pedoman pelaksanaan program RT Mandiri, pencairan dana bantuan dilakukan bertahap.
 
"Khusus Banjarbaru Selatan, bantuan dana diserahkan bertahap. Hal itu dilakukan untuk lebih mempermudah pengawasan agar tepat sasaran dan fokus kepada apa yang diperlukan pokmas masing-masing," ujarnya.
 
Baca juga: Pemkot Banjarbaru siap beri kemudahan perizinan pelaku UMKM
Baca juga: Sekda optimistis program Urban Farming dan RT Mandiri berhasil

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022