Jamaah haji kloter 5 Embarkasi Banjarmasin, yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah tiba di tanah air. Pesawat mereka mendarat di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Sabtu, sekitar pukul 16.38 Wita.

Jamaah haji kloter 5 berjumlah 358 orang. Mereka berasal dari Kota Palangkaraya sebanyak 112 orang, dan Kabupaten Barito Selatan 61 orang.

Selanjutnya dari Kabupaten Kotawaringin Barat 61 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 91 orang, Kabupaten Lamandau 9 orang, Kabupaten Pulang Pisau 16 orang, dan Kabupaten Gunung Mas 2 orang.

Kemudian ditambah empat orang petugas haji kloter dan dua petugas haji daerah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan di Banjarmasin, Sabtu, sejak dulu keberangkatan jamaah haji dari Kalteng atau provinsi tetangga melalui Embarkasi Banjarmasin, Kalsel.

Termasuk pada musim haji tahun ini yang jumlahnya 2 kloter penuh atau sebanyak 752 orang jamaah haji, yakni kloter 5 dan kloter 6.

"Kita bersyukur kedatangan kloter 5 Debarkasi Banjarmasin ini berjalan lancar," tuturnya.

Setelah melaksanakan acara penyambutan kedatangan jamaah haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, para jamaah haji asal Kalteng ini diantar kampung halaman mereka.

Sebelum memasuki asrama haji, para jamaah haji diperiksa kesehatan atau dilakukan tes antigen dan mereka aman dari terpapar COVID-19.

Dengan kedatangan kloter 5 ini, maka jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di tanah air sebanyak 1.788 orang dari total haji yang diberangkatkan sebanyak 2.510 orang.

Dengan rincian sebanyak 1.758 orang jamaah haji dari Kalsel dan sebanyak 752 orang dari Kalteng.

Sampai saat ini, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat sebanyak 3 orang, yakni Samsinah binti Usman Hasbulah dari kloter 1 asal Balangan, Sugiansyah Basuki M. Yamin yang masuk kloter 3 dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), terakhir Mislina Muhammad Saberani yang kloter 3 dari Kabupaten Tapin.

Baca juga: 359 haji kloter 4 Kalsel tiba sesuai jadwal
Baca juga: Bupati Tapin sambangi rumah duka almarhumah haji

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022