Sebanyak 359 jamaah haji Debarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tiba di tanah air. Mereka mendarat di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Jumat pukul 06.50 Wita.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di sini, Jumat, menyampaikan, kedatangan jamaah kloter 4 ini sesuai jadwal. Mereka diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, pada pukul 12.07 Waktu Arab Saudi (WAS).

Menurut dia, proses kedatangan jamaah haji kloter 4 berjalan lancar hingga ke Asrama Haji di Banjarbaru.

Jamaah haji kloter 4 ini, ungkap Tambrin, berasal dari Kabupaten Tanah Laut sebanyak 137 orang, Kabupaten Tanah Bumbu 70 orang, Kabupaten Kotabaru 94 orang, dan Kota Banjarmasin 53 orang.

"Ditambah petugas kloter empat orang dan satu petugas haji daerah," tuturnya.

Menurut Tambrin, kedatangan dan keberangkatan kloter 4 ini jumlah jamaahnya sama sebanyak 359 orang.

Namun, tuturnya, hanya ada mutasi satu jamaah haji dari kloter 4 ini masuk kepulangan kloter 2, yakni Muhammad Ali Rahman dari Hulu Sungai Selatan. Kursi kosongnya digantikan satu jamaah haji dari kloter 5 Mahdiah Abdul Karim dari Kabupaten Tanah Laut.

"Kondisi kesehatan jamaah haji kloter 4 ini cukup baik," ujarnya.

Dengan kedatangan jamaah haji kloter 4, maka total jamaah haji Debarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di tanah air sebanyak 1.430 orang.

Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2022 menerbangkan tujuh Kloter dengan total jamaah sebanyak 2.510 orang, yakni dari Kalsel 1.758 orang dan dari Kalteng 752 orang.

Sampai saat ini, jamaah haji yang wafat sebanyak 3 orang, yakni Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari kloter 1 asal Balangan, meninggal saat dalam penerbangan ke Madinah.

Kemudian Sugiansyah Basuki M. Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah.

Terakhir Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun berasal dari Kabupaten Tapin dari Kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah saat fase Armuzna.
Jamaah haji kloter 4 Debarkasi Banjarmasin saat tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Jumat (29/7/2022). Antara/HO-Kemenag Kalsel)

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022