Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti sosialisasi internet sehat yang dilaksanakan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika setempat.

Ketua Panitia Pelaksana Endang Sri Hidayati di Tanjung, Rabu mengatakan, para pelajar perlu mengetahui penggunaan internet sehat serta melakukan privasi dan sekuriti networking.

"Selain siswa SD, SMP dan Madrasah Tsanawiyah sosialisasi internet sehat juga diikuti para guru agar dapat mengetahui website, situs dan blog yang sehat untuk dikunjungi," jelas Endang.

Sebelumnya Dishubkominfo Kabupaten Tabalong melakukan Road Show ke-10 sekolah tingkat SLTA guna mensosialisasikan penggunaan internet sehat.

Sosialisasi dibuka oleh Kadishubkominfo Kabupaten Tabalong Nanang Mulkanj sekaligus memberikan pemaparan tugas pokok dan fungsi Dishubkominfo dan keberadaan Bandar Udara Warukin Tanjung.

"Sejak dini anak harus bisa mengetahui manfaat dan efek negatif dari gadget karena ini menjadi pondasi awal pembentukan jati dir dan karakter anak," ungkap Nanang.

Dalam sosialisasi internet sehat bagi pelajar peserta mendapatkan wawasan penggunaan media sosial yang aman oleh Kepala seksi Pengkajian Pengembangan Kominfo dan E-Goverment Eddy Suriani.

Termasuk penggunaan internet sehat dan aman oleh staf bidang pos dan telekomunikasi Hilas Stephanus Songan serta pemaparan Kepala UPT Bandara Udara Warukin Ady Fajar.

"Fungsi internet selain sebagai media informasi dan komunikasi juga menjadi fasilitas hiburan bagi penggunanya namun harus hati-hati saat bermain internet karena bisa dijadikan sarana penipuan atau menghujat orang lain," jelas Hilas.

Para pelajar juga mendapatkan hadiah menarik dari panitia penyelenggara jika berhasil menjawab pertanyaan dari masing-masing nara sumber.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016