Diandra Busana kali ini berkolaborasi dengan desainer nasional, Wignyo Rahadi menampilkan 20 koleksi busana & tas serta aksesori UMKM Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam rangkaian kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Gernas BBI sendiri berlangsung mulai tanggal 22-24 Juli 2022 lalu, mengusung tema "Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan", bertempat di Taman Siring Km. 0, Kota Banjarmasin.

"Kain yang kita pakai dalam koleksi kali ini adalah kain tradisional khas Kalsel, yaitu sasirangan dan tenun yang merupakan hasil dari para pengrajin di Kalsel melalui kurasi dari desainer Wignyo Rahadi," kata Akhmad Hamidi, biasa dipanggil Didi, desainer muda Kalsel yang dikenal dengan Diandra Busana.
 
Didi (Diandra Busana) bersama 10 koleksi busana terbaiknya. (Antara/Fathur)


Baca juga: Diandra Busana dipercaya BI adakan fashion show desain busana muslimah

Dijelaskan dia, sebanyak 20 model Jakarta dan Banjarmasin, lima model diantaranya berasal dari luar negeri, yakni dari Ukraina dan Moskow memamerkan koleksi dari dua desainer ini.

Fashion show yang digelar pada tanggal 22 Juli 2022 menarik banyak pihak juga memotivasi para pengrajin, serta para desainer pemula untuk lebih meningkatkan kualitas karya mereka.

Tak cukup dengan fashion show saja, ke-20 model ini juga kemudian mengikuti pemotretan di Gedung Mahligai Pancasila, pada Sabtu (23/7) lalu.

"Kami berharap melalui acara ini diharapkan kain Sasirangan mulai dikenal di pasar internasional secara luas, dengan berbagai pembinaan yang dilakukan oleh Bank Indonesia khususnya, telah mampu melahirkan pengusaha muda kreatif yang mampu bersaing baik segi produk hingga penjualan," katanya.
 
Didi (Diandra Busana Banjarmasin) dan Wignyo Rahadi (Jakarta) bersama 20 koleksi busana terbaik. (Antara/Fathur)


Baca juga: Melestarikan adat budaya pernikahan

Hal ini sesuai dengan semangat presidensi G20 Indonesia, Recover Together, Recover Stronger, yang menginginkan acara serupa sebagai bentuk perhatian pemerintah dan instansi, untuk meningkatkan penjualan produk UMKM dan IKM, serta mengangkat UMKM-UMKM hebat di Kalsel.

Adapun berbagai kegiatan digelar pada rangkaian GBBI Kalsel, dari mulai Expo produk 67 UMKM se-Kalsel, karnaval perahu hias, atraksi budaya, investor gathering.

Kemudian, pertunjukan hiburan dari Band Repvblik, Fatur Rachman, Aria Dinata, BI Kalsel Band, dan juga tak kalah menariknya fashion show 20 koleksi dari desainer lokal, Diandra Busana dan desainer nasional, Wignyo Rahadi.

Baca juga: 20 peserta ikuti bimtek busana muslim dan aksesoris fashion berbasis Sasirangan
 
Didi (Diandra Busana) bersama 10 model di backstage. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022