Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotabaru mensosialisasikan Satu Data Indonesia (SDI). 

Plt Kepala Dinas Kominfo Kotabaru Gusti Abdul Wakhid, di Kotabaru mngatakan, kegiatan sosialisasi Satu Data Indonesia bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat. 

"Sosialisasi SDI untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad menambahkan, penyelenggaraan Satu Data Indonesia diperlukan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk menghasilkan data yang berkualitas. 

"Kami tekankan sinergitas dan kerjasama harus tetap dijaga antarinstansi terkait," pintanya. 

"Guna melaksanakan SDI diperlukan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk menghasilkan data yang berkualitas, karena berbagai tantangan dalam pengumpulan, pengolahan maupun penyebarluasan data akan selalu ada kendala," ungkapnya.

Peran dan fungsi data dalam perencanaan pembangunan merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar menentukan kebijakan penetapan indikator pembangunan, sekaligus sebagai alat untuk melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan pembangunan. 

Satu Data Indonesia merupakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses dan dipakai antar instansi pusat dan daerah.
 
 

Pewarta: aqsin/kominfo

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022