Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XI Kalimantan memfasilitasi Majelis Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk sosialisasi Kebijakan Akreditasi dan Uji Petik Pelaksanaan Akreditasi, Jumat (15/7/2022) di Banjarmasin. 

Kepala LLDikti XI Kalimantan Muhammad Akbar mengatakan sosialisasi tersebut sangat penting, karena berkaitan tentang kebijakan akreditasi kepada pimpinan perguruan tinggi dan program studi. 

"Pihak Majelis Akreditasi juga memberikan masukan dan waktu untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi dan program studi berkaitan dengan perubahan sistem mekanisme akreditasi yang dulu tujuh standar kemudian menjadi sembilan kriteria... diteruskan perubahan sebagian akreditasi program studi yang tadinya dari BAN PT pindah ke LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri)," ujarnya, usai membuka sosialisasi tersebut. 

Banyak hal yang jadi kendala perguruan tinggi, kata dia, hari ini disaring oleh Majelis Akreditasi, karena pihak tersebutlah yang membuat kebijakan terkait akreditasi untuk perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta. 

"Itulah yang menjadi target (sosialisasi) hari ini," ujarnya. 

Narasumber istimewa hari ini, yaitu Ketua Majelis Akreditasi BAN-PT Prof. Dr.rer.nat. Imam Buchori, S.T, anggota Majelis Akreditasi BAN-PT Dr. Hendriko, S.T., M.Eng dan juga sebagai Staf Pendamping Narasumber Novania Sari, S.E.

"Saya bersyukur sekali Ketua Majelis Akreditasi yang langsung hadir di sini hari ini," ujarnya. 

Pelaksanaan sosialisasi tersebut di hadiri ratusan perwakilan perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah XI Kalimantan, ada yang secara langsung 50  orang dan secara virtual 289 orang. 

"Alhamdulillah, antusias lumayan tinggi karena memang diperlukan teman teman di seluruh perguruan tinggi," ujarnya. 

LLDikti XI Kalimantan, kata Akbar, sangat berharap kegiatan tersebut akan memberikan kemudahan atau pemahaman yang lebih detail kepada pimpinan perguruan tinggi yang ada di Kalimantan. 

"Seterusnya bisa membuka akses untuk mendapatkan informasi yang lebih detail lagi.  Bukan cuma di hari ini, namun hari-hari berikutnya ketika ada pengajuan atau perpanjangan akreditasi, mereka bisa berkomunikasi secara aktif melalui kontak resmi dari BAN-PT. Mudah-mudahan tidak lagi menggunakan jasa calo," ujarnya. 

Baca juga: LLDIKTI XI sosialisasikan sistem pelaporan kerja sama versi 2.0
Baca juga: LLDIKTI XI Kalimantan sosialisasikan sertifikasi dosen, bimtek PDD-UKTPT

 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022