Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin melaporkan semua jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang tergabung dalam 7 kloter sudah kembali di Mekkah, Arab Saudi.

Dia melaporkan dari Mekkah, Rabu, fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) dari 7 hingga 12 Juli 2022, sudah selesai dan semua jamaah kembali ke Mekkah.

Dikatakan Tambrin, saat kembali ke Mekkah Al Mukaromah habis berhaji ini, para jamaah bisa melaksanakan ibadah umroh sunah, memperbanyak tawaf, doa, salawat dan zikir, baca Al Quran di Masjidil Haram.

Menurut dia, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin keberangkatan gelombang pertama, mulai pulang ke tanah air dari Mekkah pada 23 Juli 2022.

Sementara itu, untuk jamaah keberangkatan gelombang ke-2 yang langsung ke Mekkah akan menuju Madinah pada 20 Juli 2022.

"Moga semuanya selalu sehat, melaksanakan ibadah hingga usai," tuturnya.

Berita terkait: Kakanwil: seluruh jamaah haji Kalsel bisa wukuf di Arafah
Berita terkait: Kepala Kanwil Kemenag Kalsel pimpin lontar jumroh hari kedua


Dia pun melaporkan, total jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang meninggal hingga hari ini sebanyak 3 orang dari sebanyak 2.470 orang yang diberangkatkan.

Jamaah haji pertama meninggal dunia bernama Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari Kloter 1 asal Balangan, saat dalam penerbangan ke Madinah.

Kemudian Sugiansyah Basuki M. Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah.

Terakhir Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun berasal dari Kabupaten Tapin dari kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah saat fase Armuzna.

Baca juga: Satu haji dari Tapin Kalsel wafat di KKHI Mekkah
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022