Tenda jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang memberangkatkan Kloter dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada musim haji 2022 ini sudah disiapkan.

Sebagaimana yang dilaporkan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel melalui Ketua Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin Zainal Muttaqin di Arab Saudi, disampaikan, Senin.

Zainal yang melakukan survei langsung ke Arafah dan Mina di Arab Saudi, menyampaikan kondisi terkini kesiapan sarana dan fasilitas yang disiapkan pada puncak haji tahun 2022 ini.

"Perubahan sangat terasa dan jauh berbeda antara tahun ini dengan musim haji pada tahun sebelumnya," ujarnya.

Terutama, lanjut dia, pada fasilitas yang disiapkan di tenda tenda di Arafah dan Mina saat ibadah wukuf nanti.

 "Alhamdulilah perubahan sangat terasa karena tenda jamaah semuanya sudah permanen ditambah dengan kasur dan bantal untuk per jemaah haji serta pendingin tenda AC listrik," ungkapnya.

Zainal menerangkan, Kloter 3 yang dipimpinnya bergabung dengan Kloter 1 dan 2 di satu tenda.

Perkemahan atau maktab Kloter 1, 2 dan 3 bersda di Maktab 25 Makkah yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan lokasi jamarah atau pelontaran yakni sekita 4 kilometer . 

"Dari sini cukup dekat menuju pelontaran sekitar 4 kilomete saja, dengan kondisi yang cukup nyaman ini semoga saat pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah di Armuzna nanti berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.

Rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) dijadwalkan pada 9 Juni 2022.

Menurut dia, tidak hanya Embarkasi Banjarmasin, seluruh petugas Kloter dan PPIH Arab Saudi melakukan survei kesiapan Armuzna untuk memastikan tempat atau posisi tenda tenda yang akan ditempati oleh jemaah haji dari setiap Kloternya. 

Sebagaimana diketahui, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tergabung pada 7 Kloter, yakni, 4 Kloter dari Kalsel, 2 Kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan 1 Kloter gabungan jamaah dari Kalsel dan Kalteng.
Tenda jamaah haji tahun 2022 di Arafah.(Antara/Kemenag Kalsel)



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022