Khatib H Salman mengingatkan kaum Muslim hal-hal yang sederhana, tetapi penuh makna terkait shalat Jumat secara umum dan singkat.

Dengan mengutip ayat suci Al Quran, khatib dalam khutbahnya di Masjid Qoba Amawang Kandangan, Jumat (2/7/22), mengingatkan antara lain agar kaum Muslim bersegera melaksanakan shalat Jumat.

"Jadi berdasarkan ayat suci Al-Qur'an tersebut bila sudah sampai waktu bersegeralah melaksanakan shalat Jumat, tinggalkan segala urusan duniawi," tegasnya pada salah satu masjid di Kandangan, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan.

Ia mengungkapkan, dalam melaksanakan shalat Jumat isilah shaf pertama terlebih dahulu dan simak khutbah dari khatib serta jangan bergegas pulang, kecuali sesudah selesai mengikuti imam berdoa.

"Dengan bersegera pulang tanpa mengikuti doa bersama imam sama dengan lari meninggalkan rahmat," lanjutnya.
Khatib H Salman sedang berkhutbah di Masjid Qoba Amawang Kandangan (135 kilometer dari Banjarmasin)), ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan sebelum shalat Jumat (1/7/22). (Syamsuddin Hasan)

Kembali mengutip hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasalam, khatib mengingatkan, bahwa dalam melaksanakan shalat Jumat sebaiknya mengenakan pakaian putih-putih kalau ada, karena Rasulullah senang dengan warna putih.

Sementara dari pantauan Antara Kalsel, jemaah shalat Jumat Masjid Qoba Amawang  "Kota Dodol" Kandangan (135 kilometer dari Banjarmasin) itu tak seorangpun yang bermasker, seiring melandainya pandemi COVID-19.

Jamaah shalat Jumat tersebut melimpah hingga serambi masjid tersebut, dan ada di antara yang bermasker, tatapi tidak sebagaimana mestinya atau hanya meletakkan di bawah dagu.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022