Sebanyak 30 calon wirausaha muda terpilih mengikuti Murakata Enterpreneurship 2022 dan pembukaan dilakukan bertempat di Aula Gedung Murakata Barabai, Selasa (28/6).
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disporapar Huku Sungai Tengah (HST) kerjasama dengan Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) HST.
 
Ketua FKP HST Niezar Perdana menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan guna melatih sekaligus menyeleksi calon-calon wirausaha baru di HST yang berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang. "Acara ini bertujuan untuk mendorong dan memunculkan para calon wirausaha muda di Bumi Murakata," terangnnya.
 
Niezar menerangkan, sesuai hasil seleksi sebelumnya, ada sebanyak 70 orang yang mendaftar diri namun hanya 30 orang yang berlanjut ke tahap pembekalan, serta berbagai seleksi lanjutan lainnya.
 
"Mereka akan diberikan berbagai macam materi ilmu-ilmu tentang wirausaha dan mencoba langsung praktek menerapkan karena pada hari berikutnya juga ada bazar di halaman gedung murakata yang diikuti sekitar 60 UMKM dan hiburan musik lokal," katanya.
 
Ditambahkannya mereka yang berhasil menjadi pemenang nantinya akan mendapatkan uang pembinaan untuk modal usaha.
 
Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disporapar HST Hj Jumratil Kiptiyah saat membuka acara menyebutkan, berkat kolaborasi bersama FKP HST, akhirnya pihaknya dapat menggelar kegiatan yang tak sekedar hanya pelatihan kepemudaan, tapi juga berupa kompetisi.
 
"Selain pelatihan untuk wirausaha muda baru, acara juga dimeriahkan dengan bazar selama lima hari, dimulai pada hari Rabu besok," katanya
 
Ia menambahkan, para peserta pun akan ditugaskan untuk melakukan presentasi usahanya masing-masing. Lalu, yang terbaik dari calon wirausaha tersebut akan diberikan bantuan akses modal usaha.
 
Selain pelatihan dan bazar, acara pun juga dimeriahkan dengan hiburan band dan akustik. Bahkan, juga ada lomba lipsync dan mewarna.
 
"Terima kasih kepada FKP HST atas kerjasamanya. Semoga segala rangkaian ini berjalan lancar sesuai rencana yang diharapkan," tutupnya.

Baca juga: Lima wirausahawan muda di HST layak terima bantuan
Baca juga: Penggemar bonsai pameran di Barabai, ada harga yang capai miliaran
Baca juga: Danrem 101/Ant disambut tari giring-giring saat kunker ke Kodim 1002/HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022