Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikr didampingi Direktur RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan, Hj Rasyidah serta Dokter Radiologi, Sigit Riatno meninjau pelayanan dan alat CT Scan yang baru dibuka rumah sakit tersebut.

Ia mengatakan, kunjungan ke RSUD Kandangan untuk melihat pelayanan CT Scan baru, yang sangat membantu proses pemeriksaan pasien, sehingga dapat memudahkan masyarakat.

“Dulu jika pasien ingin CT Scan harus ke luar daerah, sekarang tidak lagi, karena sudah ada pelayanan di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan,” kata bupati, Senin (28/6).

Dijelaskan dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan terus mendukung RSUD Kandangan  tipe B menuju tipe A, dengan melengkapi fasilitas kesehatan yang dibutuhkan oleh pihak RS, sehingga pelayanan terus meningkat sesuai harapan masyarakat dan pemerintah.

Baca juga: RSUD Kandangan Luncurkan Sistem Terintegrasi Peserta BPJS

Seiring waktu, dulu RSUD Kandangan punya alat ini namun sudah rusak, dan sekarang dibeli yang baru, diharapkan bisa memudahkan masyarakat dan mereka tidak harus bolak balik lagi periksa ke luar daerah.

Dokter Radiologi, Sigit Riatno, mengatakan alat CT Scan dengan tipe 16 slices ini merupakan alat yang paling banyak diperlukan oleh masyarakat, karena seluruh tubuh bisa di CT Scan kecuali jantung.

“Jantung tidak bisa, karena alat ini fungsinya untuk organ yang tidak bergerak sedangkan jantung selalu bergerak makanya harus memakai alat yang lebih besar untuk jantung. Namun insya Allah jika memang diperlukan, akan kita adakan untuk alat CT Scan jantung,” katanya.

Menurut dia, alat ini dapat mengcover semua keperluan pasien, terutama yang paling banyak dari pasien saraf dan pasien onkologi atau tomor. Alat CT Scan ini juga menerima semua pasien BPJS.

Saat ini pihaknya melayani masih sesuai jam kerja, dan segera akan 24 jam. Pasien dari rawat jalan dengan BPJS untuk CT Scan kepala tanpa kontras bisa segera dilayani, tidak perlu persiapan sedangkan untuk pasien dengan kontras harus rawat inap.

Baca juga: Tim Kemenkes RI survei usulan RSUD Kandangan jadi RS pendidikan

Direktur RSUD Kandangan, Hj Rasyidah, mengatakan untuk pengembangan ke depan, rumah sakit dengan visi misi menjadi rumah sakit rujukan kardiovaskular dan kanker.

"Untuk kardiovaskular ini setelah dokternya siap, karena saat ini masih kuliah dan segera akan disiapkan alat dengan tipe 128 slices," katanya.

Pelayanan CT Scan diberikan sesuai dengan visi dan misi RSUD Kandangan, menjadi rujukan rumah sakit, ke depan pihaknya akan menyiapkan CT Scan 28 slice, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 mendatang.

Jadi direncanakan tahun 2023 RSUD Kandangan bisa punya dua CT Scan yang 16 dan 28 slices, sesuai kebutuhan yang diperlukan. Dan jika sumber daya mencukupi, maka akan mengupayakan melalui dana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) CT Scan yang 128 slice.

“Untuk CT Scan 16 slice dibeli melalui pengadaan tahun 2021 dengan nilai Rp6 miliar, barangnya datang pada Oktober 2021 dan mulai dioperasikan pada Juni 2022,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022