Bupati Balangan Abdul Hadi bersama ratusan warga di Tabat Besar Kali Meraup, Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, menggelar tradisi malunta dan bagagap iwak. 

Diketahui, tradisi tersebut sudah dilaksanakan oleh warga desa setempat sejak zaman dulu. Malunta adalah salah satu cara masyarakat Banjar untuk mencari ikan dengan cara menjala di sungai.

Sedangkan bagagap iwak, adalah juga merupakan tradisi masyarakat Banjar dalam menangkap ikan menggunakan tangan dengan cara langsung terjun ke sungai.

"Saya sangat senang sekali dapat kembali mengikuti tradisi ini, karena saat kecil ini menjadi kesenangan saya," ucap Bupati Abdul Hadi di Paringin, Jumat.

Dia berharap, kegiatan tersebut berlangsung terus menerus sebagaimana yang sudah dilakukan selama puluhan tahun terakhir ini.

Sementara warga setempat, Abidin menceritakan tentang tradisi yang sudah lama berjalan tersebut. Bahkan telah banyak warga yang ikut kegiatan ini sejak kecil hingga tua.

"Kami berupaya agar tradisi ini selalu berjalan setiap tahunnya," ungkap Abidin.

Terakhir, jelasnya, tidak ada tanggal atau bulan pasti untuk menjalankan tradisi ini. Namun biasanya akan berlangsung pada musim kemarau.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022