Ketua DPRD Kalimantan Selatan Dr (HC) H Supian, HK, SH, MH, memantau jalur alternatif dari Desa Rintisan ke Desa Bararawa, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) wilayah utara provinsi tersebut.

"Jalur alternatif Desa Rintisan-Desa Berarawa sepanjang lebih kurang 1,5 kilometer tersebut dalam tahap pengerjaan akhir," ujar Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel melalui WA-nya, Rabu (22/6/22).

"Jalur alternatif tersebut sudah bisa digunakan masyarakat HSU untuk beraktivitas," kutip juru bicara (Jubir) Setwan Kalsel tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dewan Kalsel mengajak penjabat (PJ) Sekdakab HSU Zackly Aswan, yang juga Kepala Satpol Pamong Praja provinsi, dalam pemantauan ke lokasi pengerukan jalur alternatif Desa Bararawa itu.

Supian HK menyatakan dirinya sengaja mengajak Pj Sekdakab HSU untuk melihat hasil kerja nyata kolaborasi antara Gubernur dengan Ketua DPRD Kalsel, sebagai tindak lanjut dari masukan masyarakat setempat. 

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong itu menambahkan, alur sungai diklaim dapat mempercepat aliran air menuju Sungai Barito. 
Ketua DPRD Kalsel H Supian HK saat meninjau pengerjaan tahap akhir rintisan jalan alternatif dari Desa Rintisan ke Desa Bararawa, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa 21 Juni 2022. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

"Apabila di daerah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Tanjung, Tabalong, dan Balangan mengalami kenaikan debit air, maka apabila turun ke HSU Insya Allah air akan cepat mengalir ke Sungai Barito yang ujungnya dialirkan ke laut," ujarnya.

'Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi risiko banjir ke depannya," harap anggota DPRD Kalsel dua periode itu seperti dikutip Jubir Setwan provinsi setempat.

Ketika ditemui akhir kegiatan, Pj Sekda HSU mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada pemerintah provinsi (Pemprov) bersama DPRD Kalsel, karena telah bersinergi membantu pengembangan daerahnya. 

"Dengan pembukaan jalur alternatif tersebut dapat berdampak positif pada pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar, sehingga HSU dapat bertambah maju," tutupnya.

Ketua DPRD  Kalsel melakukan pemantauan langsung pengerjaan pengerukan lahan, untuk memastikan pengerjaan berjalan dengan baik, Selasa (21/6/2022). 
Pengerjaan tahap akhir rintisan jalan alternatif dari Desa Rintisan ke Desa Bararawa, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Foto Selasa 21 Juni 2022. (Antara/HO-Istimewa/Humas Setwan Kalsel)


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022