Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia berkunjung ke Kota Banjarbaru guna memastikan pembangunan akses jalan menuju Bandara Internasional Syamsuddin Noor tuntas tahun 2022.
 
Rombongan Komisi V DPR RI yang menyambangi Balaikota Banjarbaru, Kamis, dipimpin oleh Wakil Ketua Syaifullah Tamliha, mereka diterima Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin dan Forkopimda.
 
"Kedatangan kami bersama anggota Komisi V terkait kunjungan kerja untuk memastikan pembangunan akses jalan menuju Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor tuntas tahun ini," ujar Tamliha.
 
Selain itu, legislator dari daerah pemilihan Kalsel itu juga menyebut pentingnya kejelasan status jalan akses ke bandara yang terletak di Kota Banjarbaru, sehingga akan memudahkan penanganannya. Sementara selama ini belum ada kejelasan status jalan yang hampir 100 persen tuntas itu apakah menjadi jalan nasional, jalan yang ditangani Pemprov Kalsel atau jalan kota setempat.
 
"Kami berharap dengan kunjungan ini ada kejelasan status jalan sehingga bisa ditangani oleh instansi berwenang. Harapan kami, status jalan menjadi jalan nasional agar bisa ditangani Kementerian PUPR," ungkapnya.
 
Hal mendasar akses jalan bandara menjadi jalan nasional karena ada kesepakatan bersama 3 menteri yang bisa mengusulkan status jalan kabupaten/kota atau jalan provinsi menjadi jalan nasional.
 
"Keputusan DPR RI yang sudah disahkan terkait UU tentang jalan, tiga menteri sudah sepakat bisa mengusulkan jalan kabupaten/kota dan jalan provinsi bisa ditangani pemerintah pusat," ucap dia.
 
Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin menyambut gembira kunjungan kerja Komisi V DPR RI karena seluruh pihak harus saling sinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan daerah.
 
Menurut Aditya, status Banjarbaru yang sudah menjadi ibukota Provinsi Kalsel memerlukan pembangunan sarana prasarana dan fasilitas lain yang harus didukung seluruh, pihak khususnya Komisi V DPR RI.
 
"Kami berharap, kunjungan anggota DPR RI khususnya Komisi V ini dapat mempercepat pembangunan yang dibutuhkan Kota Banjarbaru sebagai ibukota provinsi sehingga semakin maju dan berkembang," katanya.

Baca juga: Komisi V DPR RI: semangat TPP Kalsel diharapkan bantu pulihkan ekonomi akibat COVID-19
Baca juga: Pemkot Banjarbaru siap tertibkan bangunan liar di bahu jalan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022