Pemerintah Kota Banjarbaru siap menertibkan bangunan liar yang didirikan di trotoar atau bahu jalan karena merusak keindahan wajah kota dan menimbulkan kekumuhan di suatu kawasan.
 
Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono di Banjarbaru, Selasa mengatakan, langkah tegas itu dilakukan sebagai upaya nyata mencegah tercorengnya status Banjarbaru sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.
 
"Penertiban bangunan liar sebagai antisipasi kekumuhan dan semrawut suatu wilayah karena Banjarbaru sudah menjadi ibukota provinsi yang semuanya tentu harus ditata dengan baik dan benar," ujarnya.
 
Pernyataan itu disampaikan wawali di depan Sekda Said Abdullah dan seluruh camat juga lurah se-Kota Banjarbaru yang mengikuti rakor bulanan camat dan lurah di aula Kantor Kelurahan Loktabat Utara.
 
Menurut wawali, penertiban setiap bangunan liar dan kumuh harus segera dilakukan sehingga tidak sampai semakin tumbuh dan berkembang yang berdampak pada rusaknya keindahan kota.
 
"Dasar hukum penertiban adalah peraturan daerah sehingga tindakan yang diambil petugas di lapangan mengacu aturan dan ketentuan yang berlaku dan diharapkan masyarakat mendukungnya," kata wawali.
 
Baca juga: Pemkot komitmen jalankan Home Care bagi lansia dan penyandang disabilitas
Baca juga: SMPN 4 Banjarbaru usung penguatan karakter religiositas pada diri siswa
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022