Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pertanian setempat melaksanakan pendampingan active service ternak kerbau, di lokasi perternakan kerbau rawa, tepatnya di Kalang Hadangan, Daha Utara.

Kepala Dinas Pertanian HSS, M Noor, Daha Utara, Rabu (15/6), mengatakan pendampingan Active Service Ternak Kerbau ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada para peternak.

"Kita melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung para peternak untuk memeriksa kesehatan hewannya, seperti memberikan vitamin, pemeriksaan kehamilan, serta inseminasi buatan atau kawin suntik, dan yang terakhir penyuluhan," katanya.

Dijelaskan dia, pendampingan ini akan dilaksanakan secara rutin satu minggu sekali secara bergiliran, ke seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten HSS.
 
Pendampingan active service ternak kerbau Dinas Pertanian HSS
di Kalang Hadangan, Daha Utara. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Hewan kurban HSS diproyeksi aman dan cukup dengan jumlah 542 ekor

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengungkapkan rasa bahagianya hari ini yang berkesempatan berkunjung ke peternakan Kerbau Rawa, yang mana hal itu merupakan pengalaman berharga.

"Dari perjalanan kita menuju peternakan Kerbau Rawa, tentu banyak sekali yang kita dapatkan dan kita lihat akan kebesaran Allah SWT yang sungguh luar biasa," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa peternakan Kerbau Rawa yang ada di alam bebas harus selalu diperhatikan, baik itu cara memeliharanya, atau kesehatan hewannya.

Selain itu, Wisata Kerbau Rawa ini menjadi potensi besar dimiliki Kabupaten HSS, dinas terkait harus selalu melaksanakan pendampingan kepada para peternak, agar nantinya mereka bisa menjalankan peternakan juga memelihara hewan dengan cara yang lebih baik lagi.
 
Pendampingan active service ternak kerbau Dinas Pertanian HSS
di Kalang Hadangan, Daha Utara. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Bupati HSS : Temu teknis penyuluh untuk tingkatkan kualitas pelayanan petani

Rangkaian Kegiatan Pendampingan Active Service Ternak Kerbau diawali dari lokasi Wisata Edukasi Kerbau Rawa (Weitkawa), menuju peternakan Kerbau Rawa atau Kalang Hadangan.

Bupati HSS beserta rombongan menuju peternakan Kerbau Rawa ditempuh menggunakan perahu mesin. Sesampainya di lokasi peternakan, rombongan bupati menyaksikan langsung proses pengecekan kesehatan kerbau rawa.

Selepas melaksanakan Kegiatan Pendampingan Active Service Ternak Kerbau, rombongan kembali menuju Weitkawa untuk meninjau inovasi terbaru yang dicanangkan Dinas Pertanian Kabupaten HSS, yaitu Padi Apung.

Dalam kegiatan ini, bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan Saprodi Tanaman Pangan kepada empat Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Daha Utara.

Baca juga: HSS kembangkan inovasi "Kabah Wilda" manfaatkan kayapu sebagai mulsa alami
 
Pendampingan active service ternak kerbau Dinas Pertanian HSS
di Kalang Hadangan, Daha Utara. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022