Kloter pertama jamaah calon haji Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022 atau 1443 Hijriah masuk asrama Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Sabtu malam.

"Pukul 22.00 Wita Sabtu malam ini para JCH kloter pertama sudah masuk asrama haji," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, JCH kloter pertama dari Kabupaten Balangan, Tabalong, dan Banjar sebanyak 360 orang dengan petugas haji.

Dikatakan dia, JCH setelah masuk asrama akan mengikuti berbagai proses penerimaan, pendataan dokumen keberangkatan hingga pemeriksaan kesehatan.

"Bermalam satu malam di asrama haji," paparnya.

Menurut Rusbandi, para JCH kloter pertama baru diberangkatkan pada Minggu malam sekitar pukul 21.25 Wita dari asrama haji ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.

"Sekitar pukul 23.40 Wita Minggu malam pesawat kloter pertama haji Kalsel terbang ke Madinah," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pesawat Garuda Indonesia yang akan memberangkatkan JCH kloter pertama haji Kalsel sudah berada parkir di Lapangan Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

"Moga semuanya berjalan lancar," papar Rusbandi.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel akan menerbangkan sebanyak 7 kloter, yaitu 5 kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu 2 kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.

Untuk pemondokan di Arab Saudi jamaah haji dari Embarkasi Banjarmasin berdasarkan sistem zonasi penempatan jamaah haji di Makkah tahun 2022, menempati wilayah Jarwal.

Berita terkait: Bupati berpesan kepada calon haji untuk jaga kesehatan
Berita terkait: Kemenag Kalsel: pelaksanaan keberangkatan haji 2022 sudah siap
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022