Bupati Balangan Abdul Hadi berpesan kepada jamaah calon haji Kabupaten Balangan untuk benar-benar menjaga kesehatan agar hukum haji bisa dilaksanakan dalam keadaan khusyuk dan fit.

“Saat di Madinah dan di Mekkah, melaksanakan wukuf di Padang Arafah, mabit di Muzdalifah serta melempar Jumrah. Tiga hal ini sangat perlu kekuatan dan kesehatan fisik prima, kami berpesan kepada jamaah untuk menjaga kondisinya masing-masing," kata Abdul Hadi di Paringin, Sabtu.

Menurut dia, seharusnya para calon haji ini dua tahun yang lalu telah melaksanakan ibadah haji, namun karena adanya COVID-19 JCH tertunda keberangkatannya. Pihaknya sangat bersyukur pada tahun ini mereka dapat berangkat haji.

Selain itu ucapnya, seluruh JCH Balangan masuk dalam kloter satu, jadi akan lebih lama di Mekkah dan Madinah. Namun, nanti pulangnya lebih awal dari pada jemaah haji yang lain.

"Mari kita doakan semoga jemaah calon haji Balangan selalu sehat, serta bisa melaksanakan rangkaian proses ibadah haji dengan sempurna dan pulang ke banua kita menjadi haji yang mabrur,” imbuhnya.

Sementara calon haji asal Kecamatan Batumandi, Muhammad Anshari sangat bersyukur pada tahun ini JCH Balangan dapat berangkat ke tanah suci setelah terhambat karena pandemi COVID-19 dua tahun yang lalu. 

"Tentu ini sebuah keberkahan bagi kami calon haji, rasanya sangat senang bisa berangkat, walaupun informasi yang diterima cuaca di Arab Saudi sedang panas. Semoga tidak menghambat kami para calon haji untuk beribadah," ucap Anshari.

Ia juga meminta doa kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Balangan, agar JCH diberi kesehatan, kelancaran dalam beribadah dari berangkat sampai kembali lagi ke Bumi Sanggam.

Baca juga: Kemenag Kalsel: pelaksanaan keberangkatan haji 2022 sudah siap
Baca juga: 82 orang jamaah calon haji di Balangan dipastikan berangkat

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022