Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis menghadiri pembukaan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja di aula balai latihan kerja ( KLK ).

“Kalau kita melihat animo masyarakat sangat tinggi untuk bisa mengikuti pelatihan di BLK, sementara anggaran kita terbatas sehingga hal itu menjadi perhatian kita bersama,” katanya di Kotabaru Selasa (31/5).

Ketua DPRD Kotabaru menyoroti keterbatasan anggaran dalam pelaksaan pelatihan yang digelar oleh pemerintah daerah tersebut. Apalagi pelatihan gelombang kedua dan terakhir dilakukan di tahun 2022.

Ia mengapresiasi BLK bisa menggelar pelatihan ketenagakerjaan berbasis kompetensi bagi para pencari kerja di UPTD Balai Latihan Kerja.

Sementara itu, peserta pelatihan tersebut sebanyak 96 orang yang berasal  dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru, dan bagi peserta juga disiapkan fasilitas tempat tinggal gratis di kawasan BLK.

Dikatakannya dengan semakin banyaknya investasi yang masuk ke Kotabaru maka akan membuka peluang kerja lebih besar. Oleh karenya, pelatihan semacam itu sangat diperlukan bagi calon-calon tenaga kerja di daerah.

“Mereka harus memiliki skill dan kemampuan sesuai dengan keperluan mereka dan itu menjadi harapan bagi dunia usaha, dan pelatihan semacam ini menjadi wadah yang sangat baik sekali dalam rangka memberikan edukasi dan pengajaran kepada peserta,” jelasnya.

Keterampilan yang di sampaikan dalam pelatihan ini di antaranya, komputerisasi perkantoran, teknik otomotif, dan menjahit.

“Mudah-mudahan pelatihan ini akan memberikan dampak positif kepada seluruh peserta sebelum mereka terjun ke dunia kerja, dan pemerintah daerah akan memberikan yang tebaik dalam rangka meningkatkan kompetensi mereka agar mampu menjadi pribadi yang baik dan mandiri,” terang dia.

Pewarta: aqsin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022