Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan siap meraih medali di ajang Kompetisi Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (KNMIPA-PT) Tahun 2022 dengan mengirimkan mahasiswa terbaik hasil seleksi di tingkat universitas.

"Saya berharap kita bisa lolos tingkat wilayah dan bisa mengikuti seleksi tingkat nasional hingga meraih medali lagi,” kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Muhammad Fauzi di Banjarmasin.

Ada sebanyak 207 mahasiswa mengikuti seleksi tingkat universitas yang merupakan hasil dari seleksi di tingkat fakultas-fakultas di ULM. 

Mereka berasal dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP), Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Teknik.

Baca juga: Generasi emas Indonesia terwujud dari mahasiswa yang bebas narkoba

Fauzi menyebut bagi yang lolos seleksi universitas nanti, selanjutnya mengikuti kegiatan pembinaan guna seleksi tingkat pusat.

Diakui dia pula, KNMIPA-PT merupakan wujud implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus yang salah satu aspeknya memperoleh prestasi pada berbagai kompetensi baik tingkat nasional maupun internasional. 

"KNMIPA-PT adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut," sebutnya.

Gelaran KNMIPA-PT tingkat nasional tahun ini akan diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. KNMIPA-PT merupakan kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia sejak tahun 2009 dengan empat bidang kompetisi, yakni matemika, fisika, kimia, dan biologi.

Baca juga: Prof Sutarto: ULM ingin dapatkan calon mahasiswa terbaik di jalur SBMPTN

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022