Sebanyak enam orang calon haji asal  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) batal berangkat, demikian pula sebanyak 362 orang jemaah calon haji (JCH) yang semula siap diberangkatkan hanya 160 orang yang positif melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Sebanyak 160 jamaah haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang tergabung dalam kloter tiga bersama Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, dan Tapin, bakal diberangkatkan pada 14 Juni 2022 mendatang. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) HSU Ahmad Rusyadi di Amuntai, Jum'at mengatakan dari 362 kuota haji Kabupaten HSU yang rencananya berangkat di tahun 2020 lalu, karena pandemi, hanya 160 jamaah calon haji saja yang dapat diberangkatkan di tahun 2022 ini.

"Itu pun sebanyak enam orang calon jama'ah haji dibatalkan berangkat karena terbentur peraturan terkait batas usia 65 tahun yang boleh berangkat haji," ujar Rusyadi.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nasrullah HR mengatakan di samping mempersiapkan kesiapan barang bawaan tas dan koper, pihaknya juga mempersiapkan pemeriksaan kesehatan bagi jamaah termasuk vaksinasi lengkap dan tes PCR sebelum keberangkatan. 

"Kami ingatkan selalu kepada para jamaah, agar menjaga kesehatan, supaya di hari keberangkatan tidak ada masalah. Kalau sudah mau berangkat nanti tahu-tahu tes PCR positif bisa-bisa gagal, kan sangat disayangkan" Imbuhnya

Nasrullah berharap tahun-tahun berikutnya jumlah kuota haji untuk kabupaten HSU dapat kembali normal, kalau perlu bisa ditambah.

Proses pemberangkatan JCH HSU sebagaimana  tahun-tahun sebelumnya terlebih dahulu dikumpulkan di Masjid Raya At-takwa Amuntai, untuk selanjutnya diberangkatkan menuju asrama haji di Banjarbaru.

"Jama'ah calon haji akan diberangkatkan ke Asrama Haji di Banjarbaru pada 14 Juni masuk ke asrama sekitar pukul 14.00 wita dan akan diberangkatkan ke Madinatul Munawaroh pada jam 14.00 Wita pada15 Juni 2022," jelasnya.

Ia berharap keberangkatan jamaah haji  terlaksana dengan lancar mengingat setelah dua tahun pandemi COVID-19 pemberangkatan haji tertunda.

Baca juga: PGRI benahi administrasi keanggotaan
Baca juga: Kerukunan Mahasiswa HSU Banjarmasin ganti pengurus

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022