Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Kamis, menyampaikan, sebanyak tujuh kloter jamaah calon haji (JCH) Kalimantan Selatan dan KalimantanTengah tahun 2022 akan diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin di Bandara Internasional Syamsuddin Noor

Sejak dahulu, jamaah calon haji asal Provinsi Kalteng memang diberangkatkan ke Tanah Suci Mrkkah dan Madinah dari Embarkasi Banjarmasin.

Menurut Tambrin, sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI jumlah jamaah calon haji dalam 1 Kloter Embarkasi Banjarmasin adalah 360 orang.

Dirincikan dia, satu kloter tersebut terdiri atas 356 JCH dan 4 petugas kloter, yakni 1 ketua kloter, 1 pembimbing ibadah, dan 2 orang petugas kesehatan.

Tambrin mengatakan, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 405 tahun 2022 tentang penetapan kuota haji Indonesia tahun 2022,  Kalsel mendapatkan kuota  sebanyak1.743 orang dan Kalteng  sebanyak 739 orang.

Total haji Kalsel dan Kalteng sebanyak 2.482 orang, dengan demikian dibagi menjadi 7 kloter, yakni 5 kloter dari Kalsel dan 2 kloter dari Kalteng.

Menurut dia, saat ini proses keberangkatan haji tahun 2022 di Kalsel sedang pelunasan ongkos haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BiPiH) dari 9 Mei hingga 20 Mei.

Biaya haji untuk Embarkasi Banjarmasin, Kalsel, pada pelaksanaan keberangkatan haji tahun 2022 ini sebesar Rp41.235.290.

Sesuai rencana jadwal nasional keberangkatan haji 2022 adalah pada 3 Juni para jamaah kloter pertama sudah masuk asrama haji, dan pada 4 Juni kloter gelombang pertama haji Indonesia berangkat ke Madinah.

"Kita mengikuti jadwal nasional untuk berangkatnya," tutur Tambrin.

Baca juga: Kemenag Kalsel: baru 500 CJH lunasi biaya haji
Baca juga: Kemenag Kalsel: penentuan keberangkatan keloter haji tahun 2022 tidak diundi
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022