Yayasan Citra Murakata Bersatu yang menaungi Relawan Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyerahkan bantuan dari hasil penggalangan dana untuk para korban kebakaran di Kambat Selatan, Kecamatan Pandawan.

Ketua Yayasan Citra Murakata Bersatu, Ifansyah Noorhidayat, di Kambat Selatan, Kamis (12/50), mengatakan pihaknya turut merasakan duka dan prihatin, sehingga berinisiatif menggalang dana bantuan untuk meringankan beban para korban kebakaran.

"Inisiatif ini lahir karena beban moril serta latar belakang, bagaimana kami dulu di bulan Januari terkena musibah," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Relawan HST galang dana untuk bayi yatim penderita kurang gizi dan hernia

Dijelaskan dia, uluran tangan orang lainlah yang membuat pihaknya bisa bangkit, demikian juga harapannya kepada keluarga yang terkena musibah kebakaran ini.

Penyerahan bantuan dari rombongan relawan Desa Haliau diterima secara simbolis oleh ketua posko musibah Kambat Selatan, yang nantinya akan disalurkan untuk para korban.

"Sambutan hangat dari ketua posko serta senyum para korban, seakan melenyapkan letih kami mengumpulkan bantuan," kata, Koordiator Lapangan Relawan Desa Haliau, Fahrul Razikin.

Pihaknya berharap musibah yang terjadi tidak terulang, serta kebersamaan dalam merasakan suatu penderitaan hingga melahirkan jiwa kebersamaan, selalu terjaga untuk Bumi Murakata serta daerah lainnya.

Musibah kebakaran terjadi Minggu (8/5) lalu sekitar pukul 16.00 Wita. Saat barisan pemadam kebakaran tiba di tempat, api telah membakar tiga rumah penduduk secara cepat, dan akhirnya melahap enam buah rumah yang ditempati 22 jiwa.

Baca juga: Relawan Desa Haliau pasang tiang pengukur ketinggian air

Barisan pemadam yang tergabung dalam Balakar 654 HST secara cepat dan tanggap dapat menjinakkan si jago merah yang sedang mengamuk. Kebakaran ini mengakibatkan kerugian baik dari segi materi maupun non materi.

Musibah menggugah berbagai elemen masyarakat untuk meringankan beban musibah para korban, termasuk dari Yayasan Citra Murakata Bersatu yang menaungi Relawan Desa Haliau untuk kemudian menggalang dana dan bantuan.

Dengan swadaya Relawan Desa Haliau menggalang dana bantuan, baik dengan meminta bantuan di jalan raya Desa Haliau, Rabu(11/5), serta menerima bantuan dari warga lainnya, baik berupa dana dan sembako, serta pakaian layak pakai.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022