Cuaca yang tidak menentu bahkan terkadang bernuansa  ekstrem  terjadi baik hujan, panas maupun angin yang bertiup kencang, situasi kadang diperburuk oleh informasi yang terkadang simpang siur.

Ketua Relawan Desa Haliau (RDH) Kecamatan Batu Benawa, Ifansyah Noorhidayat,  di Haliau, Kamis (3/2), mengatakan informasi simpang siur tersebut membuat kebingungan warga masyarakat, yang mayoritas masih merasa trauma dengan banjir bandang yang terjadi di awal tahun 2021 yang lalu di Hulu Sungai Tengah (HST).

"Kami RDH  berinisiatif memasang tiang pengukur ketinggian air dengan swadaya dan bahan sebatang balok kayu ulin, pengukur ketinggian air ini dipasang di belakang Langgar Darul Mashaleh, di mana titik air yang mudah terpantau serta merupakan titik dimana air masuk ketika terjadi banjir bandang awal tahun kemarin," katanya.

Baca juga: Sejumlah Gapoktan di HST yang lahannya terdampak banjir dapat bantuan 2 Ton lebih benih padi

Dijelaskan dia, inisiatif pemasangan ini guna memberikan sedikit ketenangan kepada warga dan memberikan kepastian informasi, seberapa kenaikan air sedang terjadi, serta diharapkan pengukur ketinggian air ini menjadi Early Warning System atau peringatan dini bagi wilayah dataran bawah, khususnya di Kota Barabai dan sekitarnya.

Pihaknya berharap pengukur ketinggian air ini akan juga membantu satgas pemantau air yang dibentuk oleh WALHI, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST untuk penanganan selanjutnya.

Warga Desa Haliau, Rusli, mengapresiasi dan mendukung pemasangan pengukur ketinggian air tersebut, menurutnya beberapa kali air Sungai Benawa mengalami kenaikan, selalu merasa gelisah dan sering ditelponi keluarga di Barabai tentang keadaan air sungai.

Baca juga: DLH Kalsel siapkan empat aksi atasi banjir HST

”Asa kada hara lagi, melihat naiknya kada kira-kira haja ( tidak gelisah lagi karena melihat tandanya, bukan dikira kira saja),“ katanya, saat memberi tanggapan pemasangan tiang pengukur.

Pembina RDH, Arbain, menambahkan pemasangan tiang pengukur air ini akan dilengkapi penanda dari stiker scotligth, untuk mempermudah dan diharapkan bisa dipasang lampu sorot apabila donaturnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022