Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad bersilaturahmi dengan anggota Ikatan Mualimin Masjid dan Langgar (IKMASIL) wilayah Daha di Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Desa Tumbukan Banyu, Kecamatan Daha Selatan.

Silaturahmi ini juga dirangkai dengan penyerahan Santunan Ramadhan Berkah bagi tokoh agama dan praktisi keagamaan di wilayah Daha, yang merupakan program dakwah dan advokasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) HSS.

"Hari ini santunan kita serahkan kepada anggota Ikatan Mualimin Masjid dan Langgar (Ikmasil) dan Ketua Keluarga Besar Ustadz/Ustadzah (KBU) yang berada di tiga Daha, yaitu Daha Selatan, Daha Utara, dan Daha Barat," katanya, dalam keterangan, Selasa (26/4).

Baca juga: Wabup HSS serahkan santunan program Ramadhan Berkah

Dijelaskan dia, jumlah keseluruhan penerima santunan hari ini 99 orang, yakni di Kecamatan Daha Selatan sebanyak 48 anggota Ikmasil dan satu orang Ketua KBU.

Kecamatan Daha Utara 48 anggota Ikmasil dan satu Ketua KBU, di Daha Barat satu Ketua KBU, juga santunan dari MUI HSS yang sarung kepada para mustahik atau penerima zakat.

 Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan apa yang dilaksanakan adalah wujud kebersamaan antara pemerintah daerah dan para anggota Ikmasil sebagai kontribusi walaupun nilainya tidak besar, ia berharap kegiatan ini akan terus dapat berlanjut ke depannya.

"Kami harapkan para alim ulama dan praktisi keagamaan untuk senantiasa bersama pemerintah, dalam meluruskan isu-isu yang berkembang di masyarakat,"  katanya.

Menurut dia, karena pada prinsipnya pemerintah daerah selalu serius, khususnya berkenaan dengan permasalahan bagaimana menangani pembangunan yang ada di daerah.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pencapaian visi-misi Kabupaten HSS, dan para tokoh ulama dan praktisi keagamaan ini memiliki tugas yang sama pentingnya dengan pemerintah daerah dalam hal membina umat dari sisi rohiniahnya.

Baca juga: 100 orang tokoh agama dan praktisi keagamaan terima santunan Baznas HSS

"Tidak ada yang bisa dilakukan pemerintah, selain hanya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pembinaan umat yang selama ini telah mereka lakukan," katanya.

Apa yang diberikan ini tidak seberapa nilainya, ini hanya sebagai bentuk kebersamaan, dan agar pada tahun-tahun yang akan datang santunan serupa dapat ditingkatkan lagi.

Sebelumnya, wabup juga menyempatkan diri untuk menyalurkan santunan Program Ramadhan Berkah kepada becak dan motor (bentor) yang ada di daerah Daha.

Penyaluran santunan ini juga masih merupakan bagian dari program Baznas Kabupaten HSS, dengan mengambil tempat di halaman Stadion Muhammad Syafi'i, Kecamatan Daha Selatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022