Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri kegiatan pendistribusian santunan program Ramadhan Berkah 1443 Hjiriah bagi para tokoh agama dan praktisi keagamaan di Majelis Ta'lim Ihya Ulumuddin, Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.

Program dakwah dan advokasi ini dicanangkan Badan Amil Zakat Nasional (Banzas) HSS. Santunan diserahkan secara simbolis oleh wabup didampingi Ketua Baznas HSS H. Akhmad Suriani.

"Apa yang telah diberikan mudah-mudahan bisa menjadi penyambung tali silaturahmi, antara pemerintah daerah dengan para alim ulama dan tokoh agama serta praktisi keagamaan," kata wabup, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 100 orang tokoh agama dan praktisi keagamaan terima santunan Baznas HSS

Ia juga memohon doa dari para alim ulama dan tokoh agama semoga virus COVID-19 segera berakhir. Melalui doa-doa mereka mudah-mudahan pandemi bisa segera berakhir.

Terpenting adalah kehadiran tokoh agama dan praktisi keagamaan ini di tengah-tengah masyarakat dapat menyejukkan suasana, terutama dalam rangka menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

"Pilkades yang serentak ini bisa saja menimbulkan pembelahan-pembelahan di masyarakat," katanya.

Dia mengharapkan para alim dan tokoh agama bisa melaksanakan sosialisasi bersama tentang arti penting zakat, infaq dan sadaqoh.

Hal ini untuk mencari solusi terhadap persoalan ekonomi umat, dan mungkin ada hal-hal yang bisa dilakukan bersama dengan para tokoh agama dan praktisi keagamaan.

Santunan yang diberikan tentu nilainya tidak terlalu besar, tetapi ini adalah bukti terjalinnya kerjasama yang baik, bentuk kepedulian pemerintah daerah karena mereka ini di lapangan membina umat, dan semoga ke depan nilainya bisa lebih ditingkatkan lagi.

Baca juga: Pemkab HSS salurkan zakat melalui Baznas

Ketua Baznas HSS, H. Akhmad Suriani, mengatakan yang mendapatkan giliran pendistribusian santunan adalah anggota Ikmasil dan Ketua Keluarga Besar Ustadz/Ustadzah (KBU) yang berasal dari empat kecamatan, yakni Angkinang Telaga Langsat, Padang Batung dan Loksado.

Menurut dia, Kecamatan Telaga Langsat sebanyak 10 orang anggota Ikmasil dan satu orang ketua KBU, Angkinang sebanyak 14 orang anggota Ikmasil dan satu ketua KBU.

Kemudian, Padang Batung sebanyak 14 orang anggota Ikmasil dan 1 ketua KBU, sedangkan di Kecamatan Loksado sebanyak satu orang Ketua KBU .

"Dengan jumlah keseluruhan penerima sebanyak 42 orang, seluruh penerima anggota Ikmasil ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati HSS Nomor 188.45/60/KUM/2022," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022