Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin dalam rangkaian Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tematik menggelar festival Ramadhan 1443 Hijriah di pedalaman Pegunungan Meratus, wilayah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Festival Ramadhan 1443 H itu dari desa-desa se-Kecamatan Tebing Tinggi 'Bumi Sanggam'' Balangan berlangsung 17 - 23 April 2022," ujar Ketua Kelompok Mahasiswa KKN Tematik UIN Antasari Ahmad Baihaqi melalui WA-nya, Ahad (17/4/22).

Membuka festival tersebut yang mewakili Camat Tebing Tinggi Abdul Hadi dalam sambutannya mengharapkan festival itu dapat memperat, dalam artian saling mengenal melalui silaturahmi antara masyarakat desa dan mahasiswa KKN.

"Kegiatan ini juga diharapkan bisa membuat para anak-anak dan pemuda pemudi desa menjunjung sikap adil dan jujur melalui sikap sportivitas, toleransi, dan sikap saling hormat menghormati baik antarindividu maupun kelompok," harapnya.

Pada kesempatan itu pula, yang mewakili Camat Tebing Tinggi berterima kasih atas kontribusi kegiatan positif untuk masyarakat oleh mahasiswa KKN melalui Festival Ramadhan tersebut.

Sambutan juga disampaikan Ketua Pelaksana Festival Ramadhan serta para kepala desa se-Kecamatan Tebing Tinggi. Semuanya berharap kegiatan tersebut semakin mengeratkan persaudaraan dan rasa sportivitas serta toleransi antarmasyarakat. 

Festival Ramadhan tersebut mengikutsertakan anak-anak dan remaja dari setiap desa di Kecamatan Tebing Tinggi sebagai peserta lomba. 

Semuanya ada 11 perlombaan yang pelaksanaannya tiap hari pada tempat-tempat yang ditentukan, lanjut A Baihaqi yang juga Bendahara Umum Festival Ramadhan tersebut.

Sebelas jenis lomba tersebut adalah bola voli, badminton (bulutangkis), lari estafet, tilawah, azan, hafizul Qur'an, fahmil Qur'an, mewarna, cerdas cermat, fashion show, dan "bagarakan sahur" (membangunkan orang untuk makan sahur).

Bagarakan sahur sebuah tradisi pedesaan bagi kaum Muslim kalangan masyarakat Banjar Kalsel sejak lama dengan berbagai cara antara lain dengan menabuh beduk keliling kampung.

Baca juga: Kades Mayanau apresiasi pekan Ramadhan mahasiswa UIN Antasari
Baca juga: PT Inovasi Informatik Sinergi beri ruang mahasiswa Poliban untuk praktik magang
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022