Dakwah subuh  Ustadz Abdul Somad (UAS) di  Masjid Agung Al-Anwar Marabahan, Sabtu (16/4/2022), benar-benar menyedot perhatian masyarakat Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan sekitarnya. 

Kehadiran masyarakat yang berbondong-bondong dari berbagai penjuru itu untuk melepaskan kerinduan sekaligus  mendengarkan tausyiah da’i kondang asal Indragiri Hulu, Riau. 

Rangkaian tausiah yang juga ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official ini juga dihadiri Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalsel yang merupakan suami Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, para anggota Forkopimda, sekda, para pimpinan SKPD, kemenag, Ketua MUI KH Ahmad Jiansi, para ulama, para habaib, termasuk pengasuh Majelis Ta’lim Nurul, KH Muhammad Noor.

“Sebenarnya saya bersama wakil bupati H Rahmadian Noor lebih dari tiga tahun yang lalu telah memohon pak ustadz untuk berhadir ke tempat kita ini, ternyata Alhamdulillah sekarang Allah telah mengabulkan,” tutur Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS. 

Bupati yang juga mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengutarakan, kehadiran UAS di Marabahan merupakan kali yang kedua setelah 2018 lalu. 

Dia berharap,  dengan kehadiran kali ini bisa jadi pengobat rindu dan kebahagiaan bagi masyarakat Batola.

Kepada Ustadz Abdul Somad dan rombongan atas nama masyarakat dan Pemkab Batola, bupati mengucapkan terima kasih atas perkenannya memenuhi undangan. 

UAS sendiri nampaknya juga merasa senang berada di tengah-tengah jamaah di Masjid Agung Al-Anwar Marabahan. 

Terbukti dari durasi waktu yang tersedia dari pukul 05.00 Wita – 06.30 Wita justru bertausyiah hingga melewati pukul 07.00 Wita dengan materi panjang lebar mulai jejak perjalanan Datu Kelampayan beserta zuriat dan keturunan, Guru Sekumpul, hingga gambaran keagamisan para pimpinan di Batola dengan seringnya melaksanakan kegiatan keagamaan dengan mendatangkan berbagai ulama dan habaib.  

“Habib Syekh dari Solo parnah datang ke masjid ini, Habib Quraisy Al-Baharun dari Darul Mustafa, dan sejumlah habib-habib lainnya pernah datang ke sini menggambarkan kalau masjid ini sesuai namanya Al-Anwar yang berarti cahaya yang memaknai akan cahaya agama dan ilmunya,” katanya. 

Di akhir tausyiah ustadz menjawab sejumlah pertanyaan yang disampaikan secara tertulis melalui pihak panitia.

Salah seorang jamaah yang hadir asal Marabahan Herman mengaku bahagia atas kehadiran UAS di Marabahan mengingat ia sendiri cukup menggandrungi ceramahnya yang lugas dan mudah dipahami. 

“Alhamdulilah berkah sekali Ramadan kali ini, ada UAS datang ke tempat kita ini,” ucapnya dengan muka terlihat berseri-seri.

Rombongan Ustadz Abdul Somad tiba di Marabahan sekitar pukul 23.30 Wita, Jumat (15/4/2022). 

UAS menginap di Hotel Prima Marabahan dan makan sahur bareng bersama bupati dan wakil bupati beserta jajaran di kediaman bupati sekitar pukul 04.00 Wita dilanjutkan menuju Masjid Al-Anwar sekitar pukul 05.00 Wita untuk Shalat Subuh dan tausyiah. 

Usai tausyiah di Batola UAS melanjutkan perjalanan ke Kereng Pangi, Kalteng.

Baca juga: Safari Ramadhan Pemkab Batola diawali di Kecamatan Anjir Muara
Baca juga: PKK Kalsel gelar pasar murah dan sunatan massal di Tamban
 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022