Memasuki hari kelima Ramadhan 1443 Hijriyah, jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) memulai Safari Ramadhan di Kecamatan Anjir Muara, tepatnya di Masjid Baiturrahmah Desa Anjir Muara Lama, Kamis (7/4/2022) malam. 

Safari Ramadhan itu diawali pembacaan Maulid Al-Habsyi dan tausyiah dengan menghadirkan penceramah Al-Ustadz Hilmy Kasyful Anwar dari Alalak.

Mengawali sambutannya, Wabup Rahmadian Noor memperkenalkan jajaran pejabat yang ikut hadir mulai dari Ketua DPRD, Sekda, para pimpinan SKPD dan para camat kepada berbagai lapisan masyarakat setempat.

Selanjutnya, mantan anggota DPRD Batola itu juga memaparkan tentang situasi yang tengah berlangsung,  khususnya kasus COVID-19 serta dampak yang ditimbulkannya, baik terhadap kondisi sosial masyarakat maupun pembangunan dan perekonomian. 

“Safari Ramadhan tahun ini merupakan yang pertama setelah dua tahun mengalami pandemi COVID-19. Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh pihak terutama TNI, Polri, seluruh aparatur baik kabupaten, kecamatan, desa serta seluruh lapisan masyarakat karena tahun 2022 ini kasus COVID-19 sudah sangat turun,” ujarnya. 

Wabup yang akrap disapa Pak Rahmadi ini memaparkan, dampak kasus COVID-19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian, hingga membuat pemerintah pusing tujuh keliling karena banyak anggaran dipangkas, terutama anggaran pembangunan.  

Akibatnya, lanjutnya, pemerintah daerah terpaksa harus mengurangi volume, kuantitas, kualitas, bahkan menunda kegiatan. 

Saking parahnya, jelas dia,  pengurangan bahkan sampai terjadi terhadap kegiatan rutin di kantor-kantor.

Untuk itu, kepada seluruh lapisan masyarakat, wabup mengajak, bersama-sama berdoa agar pandemi COVID-19 benar-benar lenyap, sehingga diharapkan mulai tahun 2022 perekonomian mulai pulih dan pembangunan bisa secara berangsur-angsur dilaksanakan. 

“Untuk Anjir ini kalau tidak salah ada jalan rusak parah dari pal enam menuju Jelapat yang rencananya diperbaiki, termasuk di Mekarsari dan pal enam Tamban sampai ke Tabunganen,” ucap Rahmadi. 

Ketua PMI Batola ini menyatakan, pembangunan yang direncanakan kemungkinan tidak bisa tancap gas,  namun bertahap mengingat situasi baru tahap pemulihan dengan ketersediaan anggaran terbatas. 

Padakesempatan safari ini pula, wabup menerangkan, Ramadhan kali ini merupakan kesempatan terakhir melaksanakan safari bersama Bupati Batola Hj Noormiliyani AS. 

Mengingat November 2022 nanti, ungkap dia, pihaknya akan mengakhiri masa jabatan sebagai kepala daerah 

Kepada seluruh lapisan masyarakat,  dia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan diberikan serta kerjasama semuanya yang senantiasa membantu dalam menjalankan tugas dan amanah.

Rahmadi juga menyampaikan permohonan maaf jika selama menjabat terdapat ketidaksempurnaan,  selaku manusia biasa yang tentunya tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. 

“Ini tentunya menjadi pelajaran berharga bagi kami dan mudah-mudahan di masa akan datang dapat lebih memperbaiki lagi,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah Ramadhan serta ajakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

Penceramah Al-Ustadz Hilmy Kasyful Anwar dalam tausyiah singkatnya mengingatkan tentang sejumlah keutamaan ibadah Ramadhan. 

Ustadz mengutarakan, bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang wajib dimuliakan dengan melaksanakan segala bentuk ibadah,  baik wajib maupun sunat melalui imbalan pahala yang berlipat-lipat pula. 

Seluruh kaum muslimin dan muslimat diajurkan memanfaatkan kesempatan Ramadhan dengan memaksimalkan segala amal ibadah agar derajat yang diraih lebih meningkat serta dapat menghapuskan dosa-dosa.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekretaris Daerah (Sekda) H Zulkipli Yadi Noor beserta para pimpinan SKPD, Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah beserta para anggota Forkopimcam. 

Safari Ramadhan kali ini juga dirangkai dengan pemberian bantuan yang diserahkan Wabup Rahmadian Noor kepada Ketua Badan Pengelola Masjid Baiturrahmah Desa Anjir Muara Lama sebesar Rp45 juta.

Rinciannya, Rp25 juta dari Pemkab Batola, Rp10 juta dari Bank Kalsel Cabang Marabahan dan dari PT Talenta Bumi Rp10 juta. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022