Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Puluhan usaha kecil dan menengah (UKM) dari luar Kalimantan Selatan akan mengikuti "Tabalong Expo" yang digelar 12-18 Desember 2015.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tabalong Birhasani di Tanjung, Jumat mengatakan UKM luar Kalsel yang berpartisipasi pada Tabalong Expo masing-masing dari Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

"Tabalong Expo tahun ini lebih meriah karena jumlah peserta mencapai 160 stan lebih banyak dibandung tahun lalu hanya 123 stan mulai dari SKPD (satuan kerja perangkat daerah), perusahaan hingga UKM baik yang berasal dari wilayah Kalsel hingga luar daerah," jelas Birhasani.

Tabalong Expo ini sebagai ajang mempromosikan potensi unggulan daerah dengan melibatkan sejumlah organisasi sosial seperti Yayasan Pusaka, PKK, Dekranasda hingga Rumah Kemasan yang menjadi binaan Disperindagkop dan UKM, katanya.

Birhasani menambahkan pameran tahun ini juga akan diperkenalkan batik Tabalong bersinar dengan berbagai macam motif perpaduan langsat (buah khas Tabalong), ornamen adat Dayak hingga sasirangan.

"Batik Tabalong bersinar juga akan kita perkenalkan kepada masyarakat dengan berbagai motif dan corak termasuk produk rumah

tangga yang memanfaatkan limbah kayu ulin," tambah Birhasani.

Saat ini 160 stand sudah disiapkan untuk diisi sejumlah SKPD, perusahaan, UKM dengan sewa dari Rp2,5 juta sampai Rp9 juta per

standnya.

Tabalong Expo sendiri digelar di kawasan terminal Mabuun Kecamatan Murung Pudak dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-50.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015