Kelompok Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Dasar (PKMD) STAI Darul Ulum, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), melaksanakan seminar desain grafis, di aula kampus STAI setempat.

Ketua Panitia Pelaksana, Risyda Rusyida, di Kandangan, mengatakan kegiatan ini mengangkat tema "Design your dream, share your inspiration, and improve your skills ini digital era with design grafis".

"Seminar kita kemas dalam bentuk tanya jawab, para peserta bersama narasumber saling sharing atau bertukar ide dan informasi bagaimana mengembangkan desain grafis agar bisa membuka peluang usaha bagi generasi muda," katanya, beberapa waktu waktu lalu.

Baca juga: PKW 2021 : Merajut asa menggapai mimpi songsong Kalsel gerbang IKN

Dijelaskan dia, seminar dilaksanakan selama satu hari, dengan materi inti tentang cara menjadi desain grafis, manfaat dalam desain grafis, dan peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan dengan desain grafis.

Narasumber seminar, Fathurrahman, mengatakan desain grafis merupakan kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media, proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan teks, namun justru cenderung banyak menggunakan unsur visual.

Seorang desainer grafis adalah seorang perancang, pencetus, dan penemu ide. Seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab untuk mengubah komunikasi verbal menjadi komunikasi visual.

"Hal ini agar suatu pesan dapat diterima dengan lebih mudah diiringi estetika dan pencitraan yang lebih baik, dan memang saat ini trendnya banyak orang menggunakan media dengan pola infografis karena lebih mudah dipahami," katanya, yang juga wartawan Antara Kalsel.

Menurut dia, manfaat dari menggunakan media grafis antara lain dapat engekspresikan kreatifitas dalam bentuk visual, mudah dipelajari bahkan belajar sendiri, bermodalkan software desain dan kreatifitas.

Baca juga: PKW 2021 : Generasi muda HST mulai gemari desain grafis bekal wirausaha

Selain itu juga, berpotensi menjadi freelancer atau membuka usaha desain mendapatkan penghasilan sendiri, mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis, serta bisa menciptakan branding di dunia bisnis dan komunitas.

Sementara peluang usahanya, seperti bisa buka jasa desain, memulai usaha percetakan mandiri, mengikuti lomba dan event, membuat baju atau desain dengan karakter unik, visualisasi art, buka jasa kursus dan pelatihan serta jasa pembuatan dan editing video,kartun dan web.

"Intinya dari segala sesuatu yang dilihat dan dicermati adalah belajar dari prosesnya, karena tidak ada yang instant, terus berlatih dan menyempurnakan yang kurang serta tidak menutup diri atas saran atau kritik dari orang lain," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022